ANALISIS KARAKTERISTIK AIRFOIL NACA 4418 DENGAN
PENAMBAHAN OUTBOARD GURNEY FLAP PADA VARIASI SUDUT
SERANG DENGAN METODE CFD |
Penulis MUHAMMAD BAYU SATRIA
Pembimbing : DR. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng. - Nurfi Ahmadi, S.T.,M.Eng.
|
ABSTRAK :
Airfoil telah memainkan peran penting dalam kemajuan teknologi dan
berbagai bidang lainnya. Pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip
aerodinamika dan karakteristik airfoil terus mendorong inovasi dalam desain dan
penerapan airfoil. Variasi bentuk Gurney Flap pada airfoil NACA 4418 dapat
memengaruhi nilai koefisien angkat (CL) dan koefisien drag (CD). Karena
penambahan Gurney Flap ini dapat menghambat kecepatan aliran fluida, sehingga
menciptakan tekanan tinggi pada bagian trailing edge (tepi belakang). Berdasarkan
hasil simulasi menggunakan ANSYS, variasi Gurney Flap pada sudut serang (AoA)
4º menghasilkan nilai CD tertinggi sebesar 52.34223 dibandingkan dengan variasi
sudut serang lainnya, hal ini menunjukkan bahwa Gurney Flap pada AoA 4º
memiliki efisiensi yang baik untuk digunakan pada mobil fastback dalam
menghasilkan gaya hambat maksimum. Hal ini terjadi sesuai dengan hukum
Bernoulli, di mana pada kecepatan rendah akan menghasilkan tekanan tinggi atau
dalam kasus ini dapat menciptakan downforce.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MUHAMMAD BAYU SATRIA |
|
NIM |
: 21040010 |
|
Foto |
:  |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|