ANALISIS ALIRAN UDARA TERHADAP SAYAP PESAWAT KT-1B AKIBAT BANK ANGLE MENGGUNAKAN SOFTWARE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) FLUENT
CININTHIA ARDINA MAHARANI |
Penulis CININTHIA ARDINA MAHARANI
Pembimbing : Linggar Widayatmo, S.Si., MT - Karseno KS, INZ, SE., MM
|
ABSTRAK :
Turning performance (banking) menimbulkan suatu efek berkurangnya gaya angkat (lift) dari pesawat itu sendiri, bila tidak diimbangi dengan kecepatan yang relatif lebih tinggi. Aliran udara mempengaruhi kehandalan terbang dari pesawat itu sendiri. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan gaya akibat posisi sayap yang berubah. Untuk proses pemodelan dan perhitungan penulis menggunakan software GAMBIT dan CFD FLUENT.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang adanya pengaruh angle bank terhadap aliran udara yang melalui sayap pesawat KT-1B. Pada penelitian ini dibutuhkan simulasi model yang dikembangkan secara ideal agar mendapatkan hasil perhitungan sesuai dengan keadaan nyata.
Dari hasil perhitungan menggunakan software CFD FLUENT nilai Cl sayap maximum terdapat pada sayap dengan sudut bank 0o, sudut serang 8o pada kecepatan 138.889 m/s dengan nilai Cl sayap = 10.729. Sedangkan nilai Cl sayap minimum terdapat pada sayap dengan sudut bank 30o, sudut serang 0o pada kecepatan 111.112 m/s dengan nilai Cl sayap = 2.4743.
Kata kunci: Angle of attack, Bank angle, CFD FLUENT, Coeficient Lift, Sayap Pesawat KT-1B
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: CININTHIA ARDINA MAHARANI |
|
NIM |
: 10050012 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|