© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN LUBRICATION SYSTEM PADA ENGINE PESAWAT BOEING 737 NEXT GENERATION MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)
Penulis
CLAUS BERNADUS SARIO LEWIER
Pembimbing : C. Sukaca Budiono, ST., M.T, - Agung Prakoso, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Lubrication system merupakan salah satu sistem penting dalam menunjang performa dan keselamatan operasi engine pesawat, termasuk pada Boeing 737 Next Generation yang menggunakan engine CFM56-7. Kegagalan pada sistem ini dapat menyebabkan kerusakan komponen internal, penurunan efisiensi, hingga risiko kegagalan mesin saat penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kegagalan lubrication system menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi top event yaitu Lubrication System Failure, yang kemudian diturunkan menjadi empat intermediate event utama: Lubrication Unit Problem, Oil Tank Problem, Scavenge Oil Filter Problem, dan Oil-Fuel Heat Exchanger Problem. Masing-masing intermediate event memiliki basic event yang menjadi akar penyebab, seperti high core vibration, kerusakan seal dan bearing, penyumbatan filter, fan frame nick, FOD, serta drain pad fuel leak. Hasil dari FTA menunjukkan bahwa terdapat 14 basic event atau 21 penyebab potensial yang dapat memicu kegagalan sistem pelumasan. Berdasarkan temuan ini, langkah mitigasi difokuskan pada inspeksi rutin, penggantian komponen kritis, dan penerapan preventive maintenance sesuai Aircraft Maintenance Manual untuk mencegah kegagalan serupa di masa mendatang. Kata kunci: Lubrication System, Fault Tree Analysis, Boeing 737 Next Generation, CFM56-7, Engine Failure.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : CLAUS BERNADUS SARIO LEWIER
NIM : 20060030
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025