ABSTRAK :
Performa aerodinamika airfoil sangat dipengaruhi oleh fenomena
pemisahan atau separasi aliran, terutama pada sudut serang tinggi. Salah satu upaya
untuk mengendalikan separasi adalah dengan menambahkan vortex generator (VG)
yang dapat menghasilkan vorteks kecil untuk mempertahankan aliran udara.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan VG tipe segitiga
terhadap airfoil NACA 6412 menggunakan simulasi Computational Fluid
Dynamics (CFD) dengan pendekatan Large Eddy Simulation. Analisis dilakukan
pada variasi sudut serang 0°, 5°, 10°, dan 15° serta kecepatan 10,15,20 dan 25 m/s
untuk mengevaluasi gaya angkat, gaya hambat, dan rasio Cl/Cd. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada sudut serang rendah, VG justru meningkatkan parasitic
drag secara signifikan sehingga menurunkan efisiensi aerodinamika. Namun pada
sudut serang menengah hingga tinggi, VG mampu memperbaiki keterlekatan aliran,
menunda separasi, dan mempersempit zona wake. Peningkatan rasio Cl/Cd
tertinggi tercatat pada AoA 15° dengan efisiensi mencapai 83%. Hasil ini dapat
memberikan gambaran bahwa pemasangan VG efektif untuk meningkatkan
efisiensi aerodinamika pada kondisi sudut serang kritis dimana airfoil mendekati
stall dan dapat dijadikan dasar pengembangan sistem kendali aliran pada aplikasi
aerodinamika yang lebih kompleks.
|