ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh oli baru dan oli yang
ditambahkan suatu zat aditif tambahan diluar kandungan oli baru sebelumnya, terhadap daya
dan torsi pada sebuah kendaraan beroda dua, serta menganalisis pengurangan emisi gas
buang oleh oli tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat keterawatan mesin
kendaraan roda 2 (dua) yang dipengaruhi oleh penggunaan oli serta pemilihan jenis
kekentalan yang sesuai. Selain itu dalam isu modern hari ini yang berkaitan dengan
pemanasan global, tentu penting untuk memilih oli penghasil gas buang yang ramah
lingkungan. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini dengan menggunakan
beberapa alat uji, yaitu dynamometer atau dynotest dan alat uji emisi gas buang. Dari
penelitian ini dapat dianalisis bahwa oli dengan tambahan zat aditif menghasilkan daya
sebesar 19,30 HP dengan torsi sebesar 14,13 N.m. Adapun untuk gas buang yang
dikeluarkan, oli dengan tambahan zat aditif mendapatkan hasil yang lebih baik dengan hasil
keluaran CO sebesar 0,59% vol, HC sebesar 112 ppm, CO2 sebesar 9,65% vol, dan O2
sebesar 6,12% vol. Dari hasil pengujian tersebut, tentunya penggantian oli secara berkala
dapat membuat mesin kendaraan lebih terawat dan gas buang yang dikeluarkan lebih ramah
lingkungan.
Kata Kunci: oli, zat aditif, pemanasan global, dynotest, emisi gas buang
|