© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

PENGARUH KANDUNGAN ZAT ADITIF PADA OLI TERHADAP DAYA DAN TORSI MESIN SEPEDA MOTOR DAN PENGURANGAN EMISI GAS BUANG
Penulis
MUHAN PRAKAS ASWIN PUTRA
Pembimbing : Benedictus Mardwianta, S.T., M.T - Eli Kumolosari, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh oli baru dan oli yang ditambahkan suatu zat aditif tambahan diluar kandungan oli baru sebelumnya, terhadap daya dan torsi pada sebuah kendaraan beroda dua, serta menganalisis pengurangan emisi gas buang oleh oli tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat keterawatan mesin kendaraan roda 2 (dua) yang dipengaruhi oleh penggunaan oli serta pemilihan jenis kekentalan yang sesuai. Selain itu dalam isu modern hari ini yang berkaitan dengan pemanasan global, tentu penting untuk memilih oli penghasil gas buang yang ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini dengan menggunakan beberapa alat uji, yaitu dynamometer atau dynotest dan alat uji emisi gas buang. Dari penelitian ini dapat dianalisis bahwa oli dengan tambahan zat aditif menghasilkan daya sebesar 19,30 HP dengan torsi sebesar 14,13 N.m. Adapun untuk gas buang yang dikeluarkan, oli dengan tambahan zat aditif mendapatkan hasil yang lebih baik dengan hasil keluaran CO sebesar 0,59% vol, HC sebesar 112 ppm, CO2 sebesar 9,65% vol, dan O2 sebesar 6,12% vol. Dari hasil pengujian tersebut, tentunya penggantian oli secara berkala dapat membuat mesin kendaraan lebih terawat dan gas buang yang dikeluarkan lebih ramah lingkungan. Kata Kunci: oli, zat aditif, pemanasan global, dynotest, emisi gas buang


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAN PRAKAS ASWIN PUTRA
NIM : 18040014
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025