STUDI EXPERIMENTAL PERFORMA AERODINAMIS SAYAP
STRAIGHT LEADING AND TRAILING EDGES PADA
PESAWAT UAV DENGAN MENGGUNAKAN WIND TUNNEL |
Penulis STEVEN AGUNG WICHAKSONO
Pembimbing : Eli Kumolosari, S.T., M.Eng. - Dedet Hermawan Setiabudi, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Performa aerodinamis dari sayap dengan straight leading and trailing edges
yang diaplikasikan pada pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV) melalui metode
eksperimental di dalam wind tunnel. Oleh karena itu, desain sayap yang optimal
sangat penting untuk meningkatkan efisiensi terbang dan stabilitas aerodinamis.
Eksperimen dilakukan dengan menggunakan model sayap straight leading and
trailing edges yang dipasang dalam wind tunnel, di mana pengukuran gaya angkat
(lift) dan gaya hambat (drag) dilakukan pada berbagai variasi sudut serang (angle
of attack) dan kecepatan aliran udara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
untuk menentukan koefisien lift (CL), koefisien drag (CD), serta rasio efisiensi
aerodinamis (CL/CD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sayap dengan
straight leading and trailing edges mampu memberikan performa aerodinamis yang
stabil pada sudut serang 200 dengan kecepatan udara 10m/s, dengan nilai rasio
Cl/CD maksimum tercapai 4.307692 pada sudut serang 200 yang menunjukkan
efisiensi optimal. Semakin tinggi nilai CL/CD pada sebuah airfoil, semakin baik
performa dan efisiensinya dalam menghasilkan gaya angkat dengan hambatan yang
minimal.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: STEVEN AGUNG WICHAKSONO |
|
NIM |
: 21040015 |
|
Foto |
:  |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|