© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

STUDI EXPERIMENTAL PERFORMA AERODINAMIS SAYAP STRAIGHT LEADING AND TRAILING EDGES PADA PESAWAT UAV DENGAN MENGGUNAKAN WIND TUNNEL
Penulis
STEVEN AGUNG WICHAKSONO
Pembimbing : Eli Kumolosari, S.T., M.Eng. - Dedet Hermawan Setiabudi, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Performa aerodinamis dari sayap dengan straight leading and trailing edges yang diaplikasikan pada pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV) melalui metode eksperimental di dalam wind tunnel. Oleh karena itu, desain sayap yang optimal sangat penting untuk meningkatkan efisiensi terbang dan stabilitas aerodinamis. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan model sayap straight leading and trailing edges yang dipasang dalam wind tunnel, di mana pengukuran gaya angkat (lift) dan gaya hambat (drag) dilakukan pada berbagai variasi sudut serang (angle of attack) dan kecepatan aliran udara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menentukan koefisien lift (CL), koefisien drag (CD), serta rasio efisiensi aerodinamis (CL/CD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sayap dengan straight leading and trailing edges mampu memberikan performa aerodinamis yang stabil pada sudut serang 200 dengan kecepatan udara 10m/s, dengan nilai rasio Cl/CD maksimum tercapai 4.307692 pada sudut serang 200 yang menunjukkan efisiensi optimal. Semakin tinggi nilai CL/CD pada sebuah airfoil, semakin baik performa dan efisiensinya dalam menghasilkan gaya angkat dengan hambatan yang minimal.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : STEVEN AGUNG WICHAKSONO
NIM : 21040015
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025