ANALISIS DAMAGE TOLERANCE DAN DURABILITY
KOMPONEN REAR BACK-UP FITTING
PADA VERTICAL TAIL PESAWAT N219 |
Penulis RESA FADHOL ILAHI
Pembimbing : Dwi Hartini, S.T., M.T. - Fajar Nugroho, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
Pesawat terbang sebagai alat transportasi yang memiliki tantangan besar
dalam menjaga integritas struktur sepanjang masa operasionalnya. Salah satu isu
yang sering dihadapi adalah kerusakan akibat kelelahan material (fatigue) yang
dapat menyebabkan retakan mikroskopis berkembang menjadi kerusakan fatal.
Penelitian ini berfokus pada analisis damage tolerance dan durability pada
komponen rear back-up fitting yang merupakan komponen paling kritis pada
vertical tail pesawat N219. Meskipun demikian, pada komponen tersebut terdapat
stiffener yang sukses menurunkan tegangan di sekitar jalur retak yang dapat
menyebabkan retak melambat dan berhenti. Sehingga hasil analisa adalah hasil dari
faktor geometri yang telah dilakukan interpolasi agar retak terus berkembang dan
dapat diketahui umurnya pada saat retak kritis terjadi.
Berdasarkan analisis menggunakan metode Finite Element Method (FEM)
dan perangkat lunak DCRACK, ditemukan bahwa PSE V03-A memiliki umur
328.801 siklus penerbangan saat retak kritis mencapai 287,646 mm, sementara PSE
V03-B memiliki umur 756.190 siklus penerbangan dengan retak kritis 283,427 mm.
Hasil analisis ini digunakan untuk menentukan waktu inspeksi pertama, yaitu pada
siklus penerbangan ke-12.294 untuk PSE V03-A dan penerbangan ke-15.000 untuk
PSE V03-B, dengan interval inspeksi secara berkala setiap 2.000 siklus setelah
inspeksi pertama. Penelitian ini memberikan dasar untuk penyusunan manual book
perawatan komponen rear back-up fitting guna memastikan keselamatan dan
keandalan pesawat N219 dalam jangka panjang
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: RESA FADHOL ILAHI |
|
NIM |
: 21050024 |
|
Foto |
:  |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|