© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS DAMAGE TOLERANCE DAN DURABILITY KOMPONEN REAR BACK-UP FITTING PADA VERTICAL TAIL PESAWAT N219
Penulis
RESA FADHOL ILAHI
Pembimbing : Dwi Hartini, S.T., M.T. - Fajar Nugroho, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
Pesawat terbang sebagai alat transportasi yang memiliki tantangan besar dalam menjaga integritas struktur sepanjang masa operasionalnya. Salah satu isu yang sering dihadapi adalah kerusakan akibat kelelahan material (fatigue) yang dapat menyebabkan retakan mikroskopis berkembang menjadi kerusakan fatal. Penelitian ini berfokus pada analisis damage tolerance dan durability pada komponen rear back-up fitting yang merupakan komponen paling kritis pada vertical tail pesawat N219. Meskipun demikian, pada komponen tersebut terdapat stiffener yang sukses menurunkan tegangan di sekitar jalur retak yang dapat menyebabkan retak melambat dan berhenti. Sehingga hasil analisa adalah hasil dari faktor geometri yang telah dilakukan interpolasi agar retak terus berkembang dan dapat diketahui umurnya pada saat retak kritis terjadi. Berdasarkan analisis menggunakan metode Finite Element Method (FEM) dan perangkat lunak DCRACK, ditemukan bahwa PSE V03-A memiliki umur 328.801 siklus penerbangan saat retak kritis mencapai 287,646 mm, sementara PSE V03-B memiliki umur 756.190 siklus penerbangan dengan retak kritis 283,427 mm. Hasil analisis ini digunakan untuk menentukan waktu inspeksi pertama, yaitu pada siklus penerbangan ke-12.294 untuk PSE V03-A dan penerbangan ke-15.000 untuk PSE V03-B, dengan interval inspeksi secara berkala setiap 2.000 siklus setelah inspeksi pertama. Penelitian ini memberikan dasar untuk penyusunan manual book perawatan komponen rear back-up fitting guna memastikan keselamatan dan keandalan pesawat N219 dalam jangka panjang


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RESA FADHOL ILAHI
NIM : 21050024
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025