OPTIMASI TENAGA KERJA PENGERJAAN
(CORROSION PREVENTIVE CONTROL PROGRAM)
PADA PERAWATAN PHASE 24 PESAWAT
BOEING 737-900ER PK-LFK |
Penulis BADIL ANJANI
Pembimbing : M. Jalu Purnama, ST., MT - Subardjo, SE., MM
|
ABSTRAK :
Pengoptimalan tenaga kerja dan pembuatan jaringan kerja merupakan
salah satu cara untuk membuat proyek perawatan pesawat terbang menjadi lebih
efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui cara
pembuatan jaringan kerja, menentukan jalur kritis dan total waktu penyelesaian
proyek sera mengetahui optimasi tenaga kerja secara efisien dan dilengkapi
dengan metode CPM (Critical Path method). Analisis dan pembuatan jaringan
kerja dilakukan dengan menggunakan metode CPM.
Setelah dilakukan analisis pembahasan, pembagian berdasarkan zona
pesawat dapat mempengaruhi TAT (Turn Around Time). Pembuatan jaringan
kerja CPM dan dapat optimal tenaga kerja pada proyek pengerjaan CPCP
(Corrosion Preventive Control Program) didapat TAT sebesar 7,8 dan 9 hari dari
12 hari estimasi awal dari perusahaan.
Kata kunci : CPM (Critical Path Method), Efisiensi dan Optimasi
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: BADIL ANJANI |
|
NIM |
: 10050057 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|