© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS RELIABILITY TRANSCEIVER WEATHER RADAR PADA PESAWAT B737-800 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)
Penulis
MUHAMMAD DEJAN SYAFRIYADI
Pembimbing : Bangga Dirgantara Adiputra, S.T., M.T - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M

ABSTRAK :
Pesawat terbang merupakan transportasi yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi. Hal ini tidak terlepas dari regulasi dan perawatan yang sangat ketat. Pemeriksaan dan perawatan dilakukan secara rutin agar setiap part / komponen selalu dalam keadaan serviceable. Pada tugas akhir ini penulis akan menganalisa tingkat keandalan dan mengidentifikasi perawatan yang sesuai untuk komponen transceiver weather radar pada pesawat Boeing 737-800 dengan menggunakan metode kualitatif (Failure Mode Effect and Analysis) FMEA dan metode kuantitatif (Risk Priority Number) RPN. Hasil dari analisa menunjukkan “WXR Found Fail” menjadi tingkat kegagalan tertinggi dengan jumlah kegagalan 18 dan nilai RPN 90, “WXR Show Incorrect Colours” dengan tingkat kegagalan terendah dengan jumlah kegagalan 1 kali dan nilai RPN 56. Lalu “WXR PWS Fail” terjadi 4 kegagalan dengan nilai RPN 81 dan 2 kegagalan terjadi pada “WXR Fail Show MSG TR CRO PLL” dengan nilai RPN 64. Dan rekomendasi perawatan yang dilakukan yaitu Condition Directed dan Failure Finding. Kata Kunci: FMEA, RPN, Transceiver Weather Radar.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD DEJAN SYAFRIYADI
NIM : 23550090
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024