ABSTRAK :
Kemajuan teknologi saat ini memberikan dampak signifikan dalam berbagai
bidang, termasuk pendidikan. Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi yang
mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan “Virtual Panorama Komponen
Engine Turbojet Tumansky RD-9B” sebagai alat bantu pembelajaran di Gedung
Aerospace Science and Technology Education Park (ASTEP), Institut Teknologi
Dirgantara Adisutjipto. Dengan VR, mahasiswa dapat menjelajahi komponenkomponen Engine Turbojet Tumansky RD-9B secara mendetail. Penelitian ini
melibatkan pengujian fungsionalitas dan user usability untuk memastikan
efektivitas aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi VR ini berjalan
dengan baik dan layak digunakan, dengan tingkat koefisien reproduksibilitas
sebesar 80% menurut skala Guttman. Implementasi VR dalam pembelajaran
kedirgantaraan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengalaman
belajar mahasiswa.
Kata Kunci : Virtual Reality, Virtual Panorama, Turbojet Tumansky RD-9B, Skala
Guttman, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Kedirgantaraan.
|