ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain struktur bellcrank 3
pada flap flight control system pesawat N219 menggunakan metode elemen hingga.
Bellcrank adalah komponen penting dalam flight control system yang
mentransmisikan input pilot pada flight control unit dengan gerakan control surface
pesawat terbang. Dengan mengurangi massa bellcrank tanpa mengorbankan
kekuatan dan kekakuannya, diharapkan kinerja pesawat dapat meningkat secara
signifikan, terutama dalam hal efisiensi bahan bakar dan kemampuan manuver.
Penelitian ini menggunakan software MSC Patran/Nastran untuk melakukan
analisis struktural terhadap beberapa model desain bellcrank, Upper Bracket dan
Lower Bracket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain yang dioptimalkan
dapat mengurangi berat struktur secara signifikan sambil mempertahankan
kekuatan dan kekakuan yang diperlukan, sehingga meningkatkan kinerja
keseluruhan pesawat N219.
Kata Kunci: Optimasi desain, Bellcrank, Finite Element Method, Flap control
system, Pesawat N219.
|