ANALISIS NUMERIK PENAMBAHAN WINGLET PADA
WING UAV VX-2 DENGAN VARIASI CANT ANGLE |
Penulis SUBAN CONTARDO FERRINI HEKIN
Pembimbing : Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng. - Elisabeth Anna Prattiwi, S.T., M.Sc.
|
ABSTRAK :
UAV VTOL VX-2 dirancang untuk pengamatan lalu lintas kota dengan peningkatan
aerodinamis dan sistem assembli. Kendala utama mencakup ruang fuselage sempit, sayap
kurang fleksibel, dan sambungan sayap-fuselage yang lemah. Desain juga mengoptimalkan
cant angle demi stabilitas dan kinerja aerodinamis yang lebih baik. Penelitian ini mengkaji
pengaruh penambahan winglet dan sudut serang (AoA) terhadap koefisien angkat (CL) dan
hambat (CD) pada sayap VX-2, dengan dan tanpa winglet. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penambahan blended winglet pada UAV VX-2 terbukti mempengaruhi koefisien
angkat dan koefisien hambat secara signifikan. Blended winglet dengan sudut 45°
memberikan kinerja terbaik, meningkatkan koefisien angkat sekaligus menurunkan
koefisien hambat dibandingkan tanpa winglet dan sudut winglet lainnya. Peningkatan AoA
menghasilkan kenaikan koefisien angkat dan hambat pada semua konfigurasi, dengan
blended winglet 45° tetap menunjukkan kinerja aerodinamis yang paling efisien di berbagai
AoA. Oleh karena itu, penggunaan blended winglet sudut 45° direkomendasikan untuk
meningkatkan efisiensi aerodinamis UAV VX-2.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: SUBAN CONTARDO FERRINI HEKIN |
|
NIM |
: 19040027 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|