© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN AUXILIARY POWER UNIT SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-900ER DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)
Penulis
BILLY PRIATAMA
Pembimbing : Dedet Hermawan Setiabudi, S.T., M.T. - Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Auxiliary Power Unit System mempunyai fungsi yang sangat penting pada pengoperasian pesawat terbang Boeing 737-900ER , Auxiliary Power Unit System berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik dan tenaga pneumatik di pesawat terbang terutama pada saat pesawat starting engine. Melihat pentingnya keberadaan Auxiliary Power Unit System maka perlu dilakukan perhitungan ulang untuk melihat secara statistik data perawatan Auxiliary Power Unit System pada pesawat Boeing 737- 900ER. System yang terlihat banyak mengalami failure pada Auxiliary Power Unit System adalah APU Starting dan Electronic Control Unit sebagaimanayang di ketahui bahwa kedua system tersebut merupakan salah satu sistem yang sangat penting untuk melakukan starting dan menyuplai tenaga listrik pada pesawat terbang. Metode yang digunakan adalah FMEA (Failure Mede Effect Analysis) yaitu suatu analisis yang di lakukan untuk menemukan besar efek atau dampak terbesar yang akan mengakibatkan kegagalan system pada APU. Hasil analisa menemukan 7 permasalahan diantaranya APU Engine,APU Starting,Ignition System,Electronic Control Unit,Air Compressor,Generator Po wer,dan Cooling Control. Hasil analisa dengan menggunakan metode FMEA didapatkan berupa nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi dari Auxiliary Power Unit System adalah APU Starting dan Electronic Control Unit dengan nilai RPN sebesar RPN 378


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BILLY PRIATAMA
NIM : 19040023
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024