ANALISIS KEGAGALAN AUXILIARY POWER UNIT SYSTEM PADA
PESAWAT BOEING 737-900ER DENGAN METODE FAILURE MODE AND
EFFECT ANALYSIS (FMEA) |
Penulis BILLY PRIATAMA
Pembimbing : Dedet Hermawan Setiabudi, S.T., M.T. - Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Auxiliary Power Unit System mempunyai fungsi yang sangat penting pada
pengoperasian pesawat terbang Boeing 737-900ER , Auxiliary Power Unit System
berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik dan tenaga pneumatik di pesawat terbang
terutama pada saat pesawat starting engine. Melihat pentingnya keberadaan Auxiliary
Power Unit System maka perlu dilakukan perhitungan ulang untuk melihat secara
statistik data perawatan Auxiliary Power Unit System pada pesawat Boeing 737-
900ER. System yang terlihat banyak mengalami failure pada Auxiliary Power Unit
System adalah APU Starting dan Electronic Control Unit sebagaimanayang di ketahui
bahwa kedua system tersebut merupakan salah satu sistem yang sangat penting untuk
melakukan starting dan menyuplai tenaga listrik pada pesawat terbang. Metode yang
digunakan adalah FMEA (Failure Mede Effect Analysis) yaitu suatu analisis yang di
lakukan untuk menemukan besar efek atau dampak terbesar yang akan mengakibatkan
kegagalan system pada APU. Hasil analisa menemukan 7 permasalahan diantaranya
APU Engine,APU Starting,Ignition System,Electronic Control Unit,Air
Compressor,Generator Po wer,dan Cooling Control. Hasil analisa dengan
menggunakan metode FMEA didapatkan berupa nilai Risk Priority Number (RPN)
tertinggi dari Auxiliary Power Unit System adalah APU Starting dan Electronic
Control Unit dengan nilai RPN sebesar RPN 378
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: BILLY PRIATAMA |
|
NIM |
: 19040023 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|