ABSTRAK :
Peranan main landing gear sangat penting pada pesawat yang berfungsi
untuk menahan beban pesawat. Karena sifat pesawat terbang yang dinamis maka
ketahanan main landing gear dan back up strukture-nya harus benar-benar kuat
dan harus mampu beroperasi pada kondisi yang berbeda-beda selama sekian
ribu jam terbang, maka perlu dilakukan analisa untuk mengantisipasi kegagalan
yang terjadi pada struktur tersebut dan memastikan bahwa struktur tersebut aman
dan mampu bertahan ketika mendapatkan pembebanan.
Salah satu software untuk mengetahui kekuatan suatu struktur adalah
MSC Patran/Nastran. Software ini berbasis finite element method untuk
menyelesaikan permasalahan struktur, komponen ataupun konstruksi yang
sederhana sampai bentuk yang kompleks. Dari software ini dapat diketahui
tegangan dan daerah kritis suatu struktur ketika mendapat suatu pembebanan,
sehingga dari ketegangan maksimum tersebut dapat digunakan untuk menentukan
margin of safety (batas keamanan) dari struktur yang dianalisis.
Dari analisa kekuatan main landing gear back up structure pada pesawat
R80 menggunakan MSC Patran/Nastran diperoleh hasil tegangan maksimum
terbesar adalah 155 daN/mm2 dengan margin of safety -0,68 yang berarti struktur
tersebut tidak aman ketika mendapatkan critical load. Tegangan maksimum
terjadi ketika struktur tersebut mengalami pembebanan drop test. Namun, hal ini
bisa diatasi dengan mengganti jenis material struktur atau dengan mengubah
dimensi pada struktur tersebut, sehingga setelah penggantian struktur diperoleh
tegangan maksimum terbesar adalah 172 daN/mm2 dengan margin of safety 0,04
yang berarti struktur tersebut aman.
(kata kunci: back up structure, finite element method, margin of safety)
|