ABSTRAK :
Structure Repair Manual (SRM) merupakan panduan yang
dikeluarkan oleh manufacture kepada MRO (Maintenance and Repair
Organization) yang mempunyai wewenang dalam melakukan perbaikan suatu
pesawat. SRM berfungsi sebagai acuan aktual dalam melakukan suatu
modifikasi SRM repair. Dalam aplikasinya modifikasi dapat dilakukan dengan
merubah ataupun mengganti material repair dengan material yang lain. Hal
yang mendasari izin untuk memodifikasi SRM repair yang mencakup antara
lain ; variasi layout (konfigurasi pada local structure), dan variasi fastener
yang digunakan atau ketersedian.
Konfigurasi repair dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari suatu
modifikasi repair yang akan dilakukan dengan cara membandingkan hasil
perhitungan konfigurasi SRM repair dengan perhitungan konfigurasi
modifikasi SRM repair. Konfigurasi repair ditentukan menggunakan metode
Joint Modeling Analysis. Untuk mengetahui kekuatan dari suatu struktur,
maka dilakukan analisis secara statik. Analisis dilakukan menggunakan
metode Elemen Hingga yang terintegrasi pada software CATIA V5R21.
Tujuan dari analisis menggunakan software CATIA V5R21 untuk mengetahui
nilai tegangan maksimum pada daerah kristis ketika suatu struktur mendapat
pembebanan, sehingga dari tegangan maksimum tersebut dapat digunakan
untuk menentukan Margin of Safety dari struktur yang dianalisis.
Dari hasil analisis menggunakan software CATIA V5R21 didapatkan
hasil bahwa struktur modifikasi SRM repair pada kasus ini lebih aman
daripada SRM repair dengan nilai margin of safety adalah 0,752 untuk
pressure load dan 0,430 untuk tension load. Sedangkan untuk struktur SRM
repair nilai margin of safety-nya adalah 0,661 untuk pressure load dan 0,356
untuk tension load.
Kata kunci :
SRM, Modifikasi, Joint Modeling Analysis, CATIA V5R21, Margin of Safety.
|