ABSTRAK :
Konsep pesawat amfibi digunakan sebagai transportasi antar pulau di beberapa
negara yang memiliki pulau berukuran kecil yang tidak dapat dijangkau oleh pesawat
transport biasa. Mengingat banyaknya negara kepulauan maka ada nya konsep pesawat
amfibi ALSA-XP12 yang masih dalam tahap perancangan awal, pesawat ini diharapkan
dapat membantu penerbangan antar pulau di negara kepulauan seperti Indonesia. Sebagai
pesawat rancangan awal performa merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan
selama proses perancangan oleh karena itu perlu dilakukannya perhitungan dan analisis
prestasi terbang dari rancangan awal pesawat ALSA-XP12. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis prestasi terbang pesawat ALSA-XP12 saat melakukan fase penerbangan take
off, climb, cruise, level turn, dan landing. Penelitian ini dilakukan melalui metode
pendekatan analitis tiap-tiap fase terbang dengan data-data awal pesawat ALSA-XP12, data
spesifikasi engine, prediksi nilai aerodinamika¸dan beberapa asumsi. Dari hasil perhitungan
prestasi terbang didapatkan jarak take off dengan variasi pada nilai CLmax adalah 417,15 ft
di darat dan 549,2 ft di air. Nilai maximum rate of climb 23,01 ft/s, kecepatan ketika rate of
climb maksimum 82,72 ft/s, dan waktu climb 0,715 dari Sea level sampai ketinggian 500 ft.
Jarak jelajah (range) 1.169.719,17 ft, lama terbang (endurance) 1,3 jam, dan endurance
speed 147,097 ft/s pada saat terbang level pada ketinggian 500 ft. Turn radius dan turn rate
adalah 720 ft dan 4,77 deg/min ketika ketinggian Sea level serta 673,53 ft dan 5,11 deg/min
pada ketinggian 500 ft. Jarak landing dengan variasi pada nilai CLmax adalah 1.277,61 ft
dengan jarak ground roll 301,76 ft untuk di darat dan 471,2 ft untuk di air.
Kata Kunci: Pesawat Amfibi, ALSA-XP12, Prestasi Terbang, Ketinggian, Fase Terbang
|