ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, brand
image, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Jatinangor House.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner
yang disebarkan kepada pelanggan Jatinangor House. Pengujian hipotesis
dilakukan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, brand image, dan kepuasan
pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini
dibuktikan dengan nilai signifikansi untuk kualitas layanan sebesar 0,003, brand
image sebesar 0,001, dan kepuasan pelanggan sebesar 0,000 yang semuanya ≤ 0,05.
Selain itu, hasil uji F menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersamasama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung sebesar
22.314 dan signifikansi sebesar 0,000≤ 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
kualitas layanan, brand image, dan kepuasan pelanggan berperan penting dalam
meningkatkan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, Jatinangor House disarankan
untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memperkuat brand image untuk
mencapai kepuasan pelanggan yang optimal, yang pada akhirnya akan
meningkatkan loyalitas pelanggan
|