ABSTRAK :
Masalah utama yang dihadapi petugas Airport Operation Landside and Terminal
(AOLT) di area check-in adalah padatnya jobdesk yang harus dikerjakan secara bersamaan,
membuat pengambilan data LOS secara manual tidak efektif. Hal ini menyebabkan
keterlambatan pengumpulan laporan dan menurunkan mobilitas dalam pelayanan dan
pengawasan. Solusi yang diusulkan adalah pengembangan aplikasi LOS Check-in mobile
only, yang langsung dapat digunakan di lapangan dan mudah dibawa oleh petugas. Tujuan
dari penelitian ini adalah merancang desain wireframe dan prototype tampilan aplikasi LOS
Check-in untuk membangun user interface yang memudahkan dan mempercepat petugas
AOLT dalam menghitung Level Of Service (LOS) check-in. Perancangan interface
menggunakan metode Human Centered Design (HCD), yang memiliki kelebihan dalam
memahami kebutuhan pengguna dengan cepat. Terdapat tiga fase dalam metode HCD:
inspiration, ideation, dan implementation.Pengujian desain prototype dilakukan dengan
menggunakan System Usability Scale (SUS) pada 20 responden yang merupakan seluruh
petugas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan desain prototype aplikasi LOS
Check-in dapat diterima (acceptable) dengan grade scale C dan adjective ratings \"Good\"
dengan nilai 74. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa rancangan desain prototype
aplikasi LOS Check-in dapat diterima oleh pengguna dan siap untuk dikembangkan lebih
lanjut.
Kata Kunci : AOLT, LOS Check-in, Aplikasi Mobile, Metode Human-Centered Design,
System Usability Scale (SUS), User Interface,Wireframe, Desain Prototype, Airport
Operations.
|