© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH SUDUT CHEVRON PADA NOZZLE TERHADAP KEBISINGAN DENGAN LARGE EDDY SIMULATION
Penulis
BOBY PRAYOGA
Pembimbing : Dr.Okto Dinaryanto, S.T., M.M - R. Nur Akhmad Triwibowo, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Kebisingan pada nozzle terjadi karena adanya fluktuasi kecepatan dan tekanan udara yang disebakan oleh turbulen aliran nozzle. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan perbandingan Sound Pressure Level (SPL) antara nozzle chevron dan nozzle tanpa chevron serta mengetahui pengaruh sudut nozzle chevron dalam menekan tingkat kebisingan. Pada penelitian ini menggunakan metode Large Eddy Simulation untuk pendekatan analisis aliran turbulen dan metode Ffowcs Williams and Hawkings (FWH) untuk pendekatan akustik. Variasi sudut chevron pada nozzle yang digunakan pada penelitian yaitu 5 ◦ dan 18.2◦ dengan kecepatan udara 188,65 m/s dan digunakan 3 receiver. Hasil yang diperoleh dari simulasi ini berupa Sound Pressure Level, Contour Velocity, Contour Static Pressure, dan Contour Dynamic Pressure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebisingan tertinggi terjadi pada nozzle chevron variasi SMC001 sebesar 108,35 dB dan kebisingan terendah terjadi pada nozzle chevron variasi SMC006 sebesar 85,75 dB. Data tersebut menunjukkan bahwa nozzle chevron variasi SMC006 dengan sudut chevron 18.2◦ lebih efisien dalam menekan tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh mesin jet. Pada penelitian ini, membuktikan bahwa sudut chevron yang lebih besar secara signifikan lebih efisien dalam menekan kebisingan yang disebakan oleh adanya fluktuasi kecepatan udara dan tekanan udara pada aliran yang dihasilkan oleh nozzle. Kata Kunci: Nozzle Chevron, Akustik, Ffowcs William and Hawkings, Computational Fluid Dynamic, Large Eddy Simulation


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BOBY PRAYOGA
NIM : 20040017
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024