PENGARUH VARIASI WINGLET PADA WING UAV - C21 (KARGO)
TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA DENGAN
METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC |
Penulis LINTANG PANGESTU
Pembimbing : Benedictus Mardwianta, S.T., M.T. - Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng
|
ABSTRAK :
Perkembangan teknologi yang pesat memberikan banyak manfaat di berbagai bidang
termasuk informasi, komunikasi, dan transportasi. Salah satu inovasi terbaru adalah
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau drone yang digunakan untuk berbagai aplikasi seperti
pemantauan dan pengiriman logistik. UAV-C21 (KARGO) adalah jenis UAV yang
dirancang untuk mengirim barang ke daerah bencana.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh canted dan blended winglet
terhadap coefficient of lift (Cl) dan coefficient of drag (Cd) pada wing UAV-C21 (KARGO)
dan mengetahui pengaruh sudut serang (α) terhadap coefficient of lift (CL) dan coefficient of
drag (CD) pada wing UAV-C21 (KARGO) dengan menggunakan canted dan blended
winglet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah software computational fluid
dynamic. Hasil menunjukkan bahwa blended winglet memiliki efisiensi aerodinamika
tertinggi dengan koefisien lift lebih besar dan koefisien drag lebih rendah dibandingkan
canted winglet. Sayap dengan canted winglet menunjukkan performa aerodinamika
terendah. Secara keseluruhan, blended winglet memberikan peningkatan performa
aerodinamika yang paling signifikan. Simulasi juga menunjukkan bahwa peningkatan sudut
serang akan meningkatkan koefisien lift dan drag untuk semua konfigurasi sayap. Performa
aerodinamika optimal dicapai pada sudut serang 6 derajat. Temuan ini konsisten dengan
prinsip aerodinamika bahwa sudut serang yang lebih besar menghasilkan koefisien lift dan
drag yang lebih besar.
Kata kunci: canted winglet, blended winglet, aerodinamika
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: LINTANG PANGESTU |
|
NIM |
: 19040010 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|