ABSTRAK :
Gurney Flap merupakan salah satu elemen yang dapat meningkatkan performa aerodinamis
sayap. Penambahan gurney flap pada geometri airfoil secara mekanis merupakan salah satu
cara yang paling sederhana untuk meningkatkan nilai coefficient of lift, Penelitian ini
melakukan simulasi 2D yang ada pada software Ansys fluent dengan menggunakan metode
simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics). Simulasi ini digunakan untuk mengetahui
karakteristik dan performa dari aerodinamika airfoil NACA 4415 dengan menggunakan
outboard gurney flap terhadap variasi sudut serang (AoA). Penelitian yang dilakukan pada
airfoil NACA 4415 ini menggunakan software berbasis Computational Fluid Dynamics
(CFD). Simulasi pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya nilai koefisien
gaya angkat (CL) dan koefisien gaya hambat (CD) yang bekerja di sekitar airfoil NACA
4415. Hasil dari nilai koefisien gaya angkat (CL) dan koefisien gaya hambat (CD) tersebut
dapat digunakan untuk melakukan validasi, menentukan besarnya nilai error, dan
mengetahui besarnya nilai performa (CL/CD) yang bekerja pada airfoil. Airfoil NACA 4415
dengan penambahan outboard gurney flap tidak mengalami peningkatan CL / CD pada
AoA diatas 30 yaitu pada AoA 60
, 90
, 120
, 150
, dan 180
. Perbandingan hasil airfoil NACA
4415 dengan outboard gurney flap dan tanpa gurney flap memperoleh hasil bahwa airfoil
tanpa gurney flap memiliki nilai lift to drag ratio yang lebih besar dibandingkan nilai
airfoil yang ditambahkan outboard gurney flap.
Kata kunci: airfoil, gurney flap, sudut serang, computational fluid dynamic.
|