ABSTRAK :
Dalam mengelola informasi, dibutuhkan teknologi yang dapat mempermudah
kegiatan sehingga dengan informasi tersebut dapat diharapkan mempermudah pekerjaan dan
tujuan secara maksimal. Masyarakat semakin aktif memberikan umpan balik terhadap
layanan suatu instansi melalui platform daring seperti Google Maps. Google Maps
menyediakan ulasan dari pengguna berupa nilai rating dan komentar teks. Namun,
kompleksitas data umpan balik tersebut sering menjadi tantangan dalam interpretasinya. Hal
ini digunakan sebagai penelitian untuk komentar pada ulasan Google Maps. Penelitian ini
bertujuan untuk untuk melakukan klasifikasi ulasan komentar Google Maps terhadap
beberapa instansi yang bekerja sama dengan ITD Adisutjipto. Klasifikasi ini digunakan
untuk mengetahui respon pengunjung mengenai pelayanan terhadap objek berdasarkan hasil
analisis sentimen dengan kategori negatif, positif, dan netral menggunakan metode Random
Forest. Pengambilan data menggunakan extension Google Chrome, yaitu Instant Data
Scraper sebanyak 1.440 komentar. Menggunakan perbandingan 80 % data training dan 20%
data testing. Pada penelitian ini menggunakan 100 pohon keputusan dan berhasil
menampilkan klasifikasi dari data testing sebanyak 288 komentar dengan rincian 247 data
positif, 29 data netral, dan 12 data negatif.
Kata Kunci: Random Forest, Klasifikasi, Komentar, Text Processing
|