ANALISIS KARAKTERISTIK AERODINAMIKA AIRFOIL NACA 4412
DENGAN PENAMBAHAN BASED GURNEY FLAP PADA VARIASI
SUDUT SERANG DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID
DYNAMIC |
Penulis IHSAN BINTANG FAHREZI
Pembimbing : Dedet Hermawan S., S.T., M.T - Benedictus Mardwianta, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Bentuk airfoil yang memiliki variasi panjang pada gurney flap yang masih dipelajari
untuk meningkatkan performa aerodinamis. Pesawat dengan daya angkat yang lebih besar dapat
mengangkut muatan yang lebih besar dan jarak lepas landas yang lebih pendek. Salah satunya
adalah untuk mempelajari karakteristik aerodinamika airfoil NACA 4412 dengan variasi AoA
base gurney flap melalui metode simulasi ansys fluent yang digunakan. Dari simulasi yang
dilakukan pada penelitian ini, bahwa dengan based gurney flap pada airfoil dapat
mempengaruhi besarnya nilai lift coefficient (πΆπΏ) dan drag coefficient (πΆπ·). Semakin panjang
gurney flap yang digunakan maka semakin besar juga nilai lift coefficient (πΆπΏ) yang dihasilkan
hingga titik maksimum. Sedangkan drag coeffiecient (πΆπ·) pada airfoil akan semakin besar
nilainya seiring dengan semakin besarnya panjang gurney flap. Pada penelitian ini, nilai πΆπΏ
tertinggi dihasilkan oleh sudut serang 120
, dimana sebenarnya pada gurney flap yang diteliti ini
tidak memiliki banyak perbedaan yang signifikan namun untuk hasil yang maksimum ada pada
sudut serang 12o
. Dapat diketahui bahwa airfoil NACA 4412 menghasilkan nilai πΆπΏ / πΆπ·
terbesar pada saat sudut serang 160
. Nilai πΆπΏ / πΆπ· menunjukkan performa suatu airfoil. Semakin
besar nilai πΆπΏ / πΆπ· dari suatu airfoil, maka performa airfoil tersebut juga semakin baik.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: IHSAN BINTANG FAHREZI |
|
NIM |
: 20040019 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|