© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KARAKTERISTIK AIRFOIL NACA 4412 DENGAN PENAMBAHAN BOTH GURNEY FLAP MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC
Penulis
BILL STENLY PARENGKUAN
Pembimbing : Dr.Okto Dinaryanto, S.T., M.M - Nurfi Ahmadi, S.T.,M.Eng.

ABSTRAK :
Sayap pesawat didesain berbentuk airfoil yang memiliki sifat aerodinamis dengan bagian depan melengkung dan dibuat berdasarkan Prinsip Bernoulli. Untuk memaksimalkan gaya angkat, inovasi desain aerodinamis pada airfoil terus dilakukan dan dikembangkan, salah satunya yaitu dengan penambahan trailing edge devices berupa gurney flap. Gurney flap merupakan sebuah komponen yang dipasang vertikal pada bagian trailing edge atau pada sisi tekan airfoil, dan diciptakan dengan mempertimbangkan resistensi aerodinamika pada ujung sayap pesawat. variasi panjang gurney flap yang berbeda antara tiap desain akan memberi perbedaan nilai Coefficient of Lift, Coefficient of Drag, dan rasio lift to drag airfoil. Penelitian terhadap penambahan komponen both gurney flap pada Airfoil NACA 4412 dilakukan dengan metode simulasi berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan software ANSYS Fluent, dan untuk membuat pemodelan airfoil digunakan software Inventor 2023. Both gurney flap dimodelkan dengan dua variasi panjang, yaitu 1%c, dan 2%c. Coefficient of Lift tertinggi terjadi saat airfoil berada pada AoA 8 o , yaitu sebesar 1.5 untuk panjang 1%c, dan sebesar 1.549 untuk panjang 2%c. Coefficient of Drag tertinggi terjadi saat AOA 8 o , yaitu sebesar 0.0245 untuk panjang 1%c, dan 0.0263 untuk panjang 2%c. Ratio lift to drag tertinggi saat AoA 6 o dengan nilai 61.13 untuk panjang 1%c dan 58.96 untuk panjang 2%c. Kata Kunci: Gurney flap, Computational Fluid Dynamic, NACA 4412


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BILL STENLY PARENGKUAN
NIM : 20040014
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024