© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGUKURAN TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT AKTIVITAS PESAWAT PADA RUNWAY UTARA BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA CENGKARENG
Penulis
MOCHAMMAD RAIHAN PUTRA ABIDIN
Pembimbing : Sri Mulyani S.T., M.Eng. - Prasidananto Nur santoso. S.T., M.Sc

ABSTRAK :
Bandar udara adalah area di daratan atau perairan, lengkap dengan bangunan, instalasi, dan peralatan, yang digunakan untuk kedatangan, keberangkatan, dan pergerakan pesawat. Mesin pesawat terbang, sebagai salah satu sumber kebisingan, menghasilkan tenaga mekanik yang menyebabkan suara bising berlebihan di sekitarnya. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan perhitungan Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level (WECPNL), serta teknik pengukuran menggunakan Sound Level Meter. Nilai rata-rata kebisingan pada Semester 1 tahun 2024 (110.70 dB) lebih rendah dibandingkan dengan Semester 1 tahun 2023 (114.72 dB). Hal ini menunjukkan adanya penurunan tingkat kebisingan secara umum pada tahun 2024 pada Runway Utara bagian Barat. Perubahan arah mata angin yang konstan dapat menyebabkan pesawat menggunakan jalur take-off dan landing yang berbeda dari biasanya. Hal ini dapat mengurangi kebisingan di area tertentu karena pesawat mungkin menjauh dari jalur yang mengarah ke runway utara bagian barat. Selain itu, arah mata angin yang berubah-ubah dapat mempengaruhi pola penerbangan dan distribusi kebisingan di sekitar bandara, sehingga mengurangi intensitas kebisingan yang terukur di area tersebut pada tahun 2024. Kata Kunci: Bandara, Pesawat Terbang, Kebisingan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MOCHAMMAD RAIHAN PUTRA ABIDIN
NIM : 20050024
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024