© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN BRAKE SYSTEM PESAWAT KT-1B WOONG BEE MENGUNAKAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS
Penulis
MUHAMAD IQBAL FARHAN
Pembimbing : Agung Prakoso, S.T., M.Eng - Cyrilus Sukaca Budiono. S.T., M.T

ABSTRAK :
Brake system merupakan sistem yang memiliki peran penting pada pesawat KT-1B Woong Bee guna untuk mengentikan laju pesawat dan parking. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan pada komponen brake system pesawat KT-1B Woong Bee. Data kegagalan yang dugunakan dalam penelitian ini yaitu loog book atau buku perawatan pesawat KT-1B Woong Bee pada April 2022 sampai Mei 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini yaitu Failure Mode Effect Analysis dan juga ada penambahan analisis kategori komponen. Metode Failure Mode Effect Analysis merupakan teknik analisis yang rata rata sering digunakan oleh Design Responsible Engineer atau tim yang memiliki wewenang khusus untuk mengidentifikasi dan menganalisis sejauh mana mode kegagalan potensial dan penyebab dari suatu sistem. Penyebab akar kegagalan, sertai dengan setiap sistem, subrakitan, dan komponen-komponen terkait, harus dilakuan evaluasi. Hasil identifikasi dari April 2022 sampai dengan mei 2024 kegagalan pada brake system pesawat KT-1B Woong terdapat failure mode yang terjadi pada sistem, brake assy, parking brake, dan reservoir. Dari hasil identifikasi kegagalan pada pesawat KT-1B Woong Bee, nilai RPN yang didapatkan dari masing-masing komponen yaitu 96 untuk brake assy, 196 untuk parking brake dan 120 untuk reservoir. Berdasarkan tingkat prioritas kegagalan yang telah dianalisis, kegagalan yang termasuk pada kategori kritis atau high priority yaitu pada brake assy, parking brake, dan reservoir Kata kunci : Brake system, Failure mode effect analysis, Risk priority number


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMAD IQBAL FARHAN
NIM : 21060009
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024