© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH VARIASI FRAKSI VOLUME SERBUK TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK BAJA TERHADAP SIFAT MEKANIK KAMPAS REM PESAWAT RINGAN
Penulis
PANJI ANJASMARA
Pembimbing : Eli Kumolosari, S.T., M.Eng - Istyawan Priyahapsara, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Di era industri 4.0, teknologi transportasi berkembang pesat, terutama dalam performa mesin kendaraan. Sistem pengereman yang efektif sangat penting untuk mendukung performa dan keselamatan. Kampas rem, komponen vital dalam sistem pengereman, berfungsi mengurangi dan menghentikan kecepatan kendaraan. Pengujian menunjukkan bahwa fraksi volume serbuk baja secara signifikan memengaruhi kekerasan, keausan, dan koefisien gesek kampas rem. Semakin tinggi persentase serbuk baja, semakin tinggi nilai kekerasannya, dengan nilai tertinggi ditemukan pada fraksi 25% serbuk tempurung kelapa : 20% serbuk baja yang mendekati standar kampas rem pesawat ringan. Selain itu, peningkatan persentase serbuk baja juga menurunkan nilai keausan, di mana nilai keausan terendah tercatat pada fraksi yang sama dan lebih rendah dari standar yang ditetapkan. Pengujian koefisien gesek menunjukkan bahwa semakin tinggi persentase serbuk baja, semakin rendah nilai koefisien geseknya. Fraksi volume 25% serbuk tempurung kelapa : 20% serbuk baja memiliki nilai koefisien gesek terendah dan mendekati standar. Secara keseluruhan, fraksi volume 25% serbuk tempurung kelapa : 20% serbuk baja memberikan hasil yang paling optimal, menunjukkan kombinasi kekerasan, keausan, dan koefisien gesek terbaik dibandingkan variasi lainnya. Katakunci : Serbuk komposit, nilai kekerasan, nilai keausan, nilai koefisien gesekan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PANJI ANJASMARA
NIM : 19040038
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024