KARAKTERISTIK AERODINAMIKA AIRFOIL NACA 4412 DAN
NACA 4415 DENGAN VARIASI PANJANG GURNEY FLAP DENGAN
METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC |
Penulis ADE TRIYANA
Pembimbing : Eli Kumolosari, S.T., M.Eng - Dedet Hermawan S., S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Gurney Flap adalah tab datar kecil yang menonjol dari tepi belakang sayap. Biasanya
ditempatkan tegak lurus terhadap permukaan tekanan airfoil dan menghasilkan 1% hingga 2%
dari tali sayap. Fungsi Gurney Flap adalah meningkatkan kinerja pada sebuah airfoil sederhana
agar memiliki desain kinerja yang sama dengan airfoil desain kinerja tinggi yang kompleks.
Penelitian ini melakukan simulasi 2D yang ada pada software Ansys fluent dengan
menggunakan metode simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) 2024 dan dibantu
dengan software AutoCAD 2023. Simulasi ini dilakukan pada airfoil NACA 4412 dan NACA
4415 dengan penambahan Gurney Flap yang divariasikan panjangnya serta variasi sudut serang
(AoA). Hasil simulasi ini adalah nilai koefisien lift, koefisien drag, kontur velocity, kontur
pressure dan streamline. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa airfoil NACA 4412 dan
NACA 4415 memiliki nilai koefisien lift tertinggi ada pada AoA 0
0
dan panjang Gurney Flap
2,5%c dan terkecil ada pada AoA -9
0
dengan panjang Gurney Flap 1,5%c, dan berhasil
menciptakan aliran hambat yang semakin tinggi dan membuat semakin baik pula pada koefisien
lift yang tinggi nilainya. Hal ini menyatakan bahwa pada bagian atas airfoil memiliki tekanan
yang lebih kecil dari pada bawah airfoil, sehingga nilai koefisien lift yang memiliki airfoil lebih
besar dibandingkan dengan airfoil yang tanpa GF.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ADE TRIYANA |
|
NIM |
: 20040033 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|