PENGHITUNGAN PERFORMA RUNWAY DAN KAPASITAS
RUNWAY BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG
DENGAN METODE ARFL DAN METODE DORATASK |
Penulis FERDY OKTA WIJAYA
Pembimbing : Bangga Dirgantara Adiputra, S.T., M.T. - Elisabeth Anna Prattiwi, S.T., M.Sc.
|
ABSTRAK :
Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang terjadi peningkatan jumlah
pergerakan pesawat udara dalam 3 tahun terakhir, hal ini menyebabkan terjadinya
peningkatan frekuensi penerbangan yang datang dan berangkat. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui performa Runway dan nilai kapasitas Runway. Metode yang digunakan
adalah metode ARFL dan metode Doratask dengan melakukan observasi langsung di tower
Airnav Indonesia cabang Semarang. Hasil penelitian ini penghitungan performa Runway
untuk melakukan pergerakan Take-Off dan Landing yaitu melakukan Take-Off dan Landing
di pada Runway 13 Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan untuk melakukan
Take-Off dan Landing pada Runway 31 dapat dikategorikan tidak rekomendasi untuk
melakukan take-off dan landing dengan maksimal berat takeoff. Penghitungan kapasitas
Runway dengan menggunakan metode Doratask diperoleh nilai kapasitas Runway Bandar
Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang adalah 16 pergerakan/jam untuk nilai DCR
(Declared Capacity of the Runway) yang didapatkan 100%. Untuk keperluan publikasi nilai
kapasitas dapat menggunakan nilai 90% s/d 80% sesuai dengan kebijakan manajemen dan
keperluan operasional.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: FERDY OKTA WIJAYA |
|
NIM |
: 20050033 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|