ABSTRAK :
Maskapai Lion Air merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar di
Indonesia dengan jumlah penumpang yang terus meningkat. Hal ini dapat menyebabkan
antrian panjang di counter check-in, terutama pada saat weekend. Antrian panjang ini dapat
menyebabkan ketidaknyamanan bagi penumpang dan berpotensi menimbulkan citra
negatif bagi maskapaiz Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah counter
check-in pada Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan data jumlah antar kedatangan penumpang, data waktu pelayanan
penumpang, dan data sumber daya yang tersedia. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah simulasi dengan menggunakan software stat fit Promodel dan WinQSB. Hasil
simulasi menunjukkan bahwa jumlah counter check-in yang optimal adalah 3 counter pada
2 periode, periode pertama dari jam 09.00-10.00 dan periode kedua dari jam 13.00-14.00 .
Dengan waktu tingkat kedatngan dan tingkat pelayanan penumpang berdistribusi
eksponesial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa optimalisasi jumlah counter
check-in dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan maskapai dan mengurangi
ketidaknyamanan bagi penumpang.
Kata Kunci: Optimalisasi, Counter Check-In, Maskapai Lion Air, Bandar Udara
Internasional Yogyakarta, stat fit Promodel dan WinQSB, Antrian
|