© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KAJIAN KELAYAKAN RUNWAY BANDAR UDARA PERINTIS UYANG LAHAI DI KABUPATEN KUTAI TIMUR
Penulis
MUHAMMAD ARFIANSYAH
Pembimbing : Bangga Dirgantara Adiputra, S.T., M.T - Gunawan, S.T., M.T s

ABSTRAK :
Tahun 2023 Bandar Udara Uyang Lahai juga masuk daftar bandar udara pengumpan yang ada di Kalimantan Timur, Hal ini tertuang pada Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur No 1 Tahun 2023 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023-2042. Dalam menjalankan pengoperasian bandar udara dibutuhkan hal mendasar untuk tercapainya operasi sebuah bandar udara, salah satu hal pokok mendasar yaitu adanya Runway, Taxiway, dan Apron yang spesifikasinya sesuai kebutuhan pesawat yang akan take-off ¬dan landing di bandara tersebut. Objek penelitian merupakan objek yang dikaji dan akan dijadikan sebagai sasaran penelitian untuk penyusunan dan pembahasan tugas akhir. Objek penelitian yang digunakan pada tugas akhir ini adalah Landas Pacu (Runway) dan salah satu tipe dan jenis pesawat yang direncanakan akan beroperasional di Bandar Udara Uyang Lahai Kabupaten Kutai Timur di beberapa tahun kedepan. Data yang didapatkan menjadi referensi dalam membuat kajian untuk menghasilkan kesimpulan penelitian yang optimum.Berdasarkan hasil perhitungan diatas yang mendapatkan hasil panjang 725,902 meter maka panjang runway aktual Bandar Udara Uyang Lahai saat ini 800 meter masih mencukupi untuk pesawat DHC 6-300 melakukan take off dan landing. hasil yang menunjukan peramalan pergerakan penumpang pada tahun 2040 yang berjumlah 3214 penumpang. Berdasarkan gambar dan tabel diatas terdapat selisih sebesar 10º, hal ini dapat mempengaruhi perubahan sudut azimuth runway 21-03. penerbangan menggunakan 2x dalam seminggu seperti yang terlaksana saat ini tidak dapat menanmpung jumlah pergerakan penumpang pada tahun 2040. hasil perhitungan kebutuhan dimensi runway didapatkan hasil 725.902 meter dengan lebar 30 meter. Kebutuhan Taxiway, dan Apron sudah tercukupi diperlukan perkerasan runway serta didukung kebutuhan Runway Strip, RESA, Stopway, dan Clearway. Pada pengolahan data angin terdapat selisih 10 degress terhadap arah runway kondisi eksiting Kata Kunci : Runway, ICAO, FAA.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD ARFIANSYAH
NIM : 17050012
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024