© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH KUALITAS LAYANAN FASILITAS TERMINAL TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU
Penulis
ZAHARANI BENZA
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M

ABSTRAK :
Penelitian ini berfokus pada layanan fasilitas terminal di Bandar Udara Internasional Minangkabau menggunakan regulasi baru yakni, Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia nomor PM 41 tahun 2023 tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, seberapa besar pengarunya, tingkat kepuasan penumpang terhadap layanan fasilitas terminal secara keseluruhan, dan layanan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan penumpang. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana, Customer Satifaction Index, Impportance Performance Analysis. Hasil nilai koefisien regresi disimpulkan bahwa variabel layanan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan, koefisien determinasi menunjukkan bahwa memberikan pengaruh sebesar 52,3% terhadap kepuasan. Hasil analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan 81,2%, bahwa penumpang pesawat sangat puas dengan layanan fasilitas terminal. Hasil analisis IPA menemukan bahwa indikator kuadran I, atau yang harus diperbaiki kinerjanya dan menjadi prioritas utama perusahaan adalah indikator 2 dan 6 yaitu Lift penumpang disabilitas, eskalator menuju ruang tunggu, dan tempat bermain anak. Kata Kunci: Kepuasan Penumpang, Fasilitas Terminal, Peraturan Mentri Perhubungan No 41 Tahun 2023, dan Bandar Udara Internasional Minangkabau.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ZAHARANI BENZA
NIM : 20050053
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024