ABSTRAK :
Brake system pada pesawat merupakan hal yang sangat penting yang berfungsi
untuk memperlambat dan menghentikan roda pesawat pada saat landing dan parking yang
digerakan oleh sistem hidrolik yang membantu menghantarkan cairan fluida untuk
menggerakan brake. Berdasarkan analisis trouble berkurangnya kemampuan pengereman
pada brake system pesawat KT-1B Woong Bee ini didasari dengan observasi dan informasi
yang didapatkan dari instruktur lapangan, selain itu juga menggunakan metode Fault Tree
Analysis. Hasil dari penelitian terdapat permasalahan pada brake linning yang mengalami
ketipisan (wear out) yang menyebabkan terjadinya overheating yang mana brake pad tidak
mampu mencekram disc brake sehingga tidak terjadinya gaya pengereman. Setelah
mengetahui permasalahan tersebut, maka dilakukan proses inspeksi dan troubleshhoting
untuk menyelesaikan dan mengatasi permasalahan tersebut berdasarkan Technical Order ITKT1B-2-3JG-5. Dengan menganilis peneyebab kegagalan pada wheel brake menggunakan
metode Fault Tree Analysis dengan gerbang logic OR didapatkan 16 basic event yang terdiri
dari Gerigi cable brake broken, Pin lock broken, Spring helical broken, Fault operation up
normal, Tank reservoir leakage, Reservoir foreign object debris, Reservoir foreign object
debris, Hose leakage, Connector hose wear out, Hose dent, Fluid under capacity 2,5 L, Fluid
dirt, Fluid viscosity, Lining brake overheating, Seal insolator leak, Master cylinder bellow
pressure 1.000 psi. Master cylinder foreign object.
Kata kunci : Brake System, KT-1B Woong Bee, Fault Tree Analysis.
|