© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PERMASALAHAN PADA SISTEM PENGEREMAN PESAWAT KT-1B WOONG BEE DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
IRFAN WAHYU AJI
Pembimbing : C. Sukaca Budiono., S.T.,M.T - Agung Prakoso,S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Brake system pada pesawat merupakan hal yang sangat penting yang berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan roda pesawat pada saat landing dan parking yang digerakan oleh sistem hidrolik yang membantu menghantarkan cairan fluida untuk menggerakan brake. Berdasarkan analisis trouble berkurangnya kemampuan pengereman pada brake system pesawat KT-1B Woong Bee ini didasari dengan observasi dan informasi yang didapatkan dari instruktur lapangan, selain itu juga menggunakan metode Fault Tree Analysis. Hasil dari penelitian terdapat permasalahan pada brake linning yang mengalami ketipisan (wear out) yang menyebabkan terjadinya overheating yang mana brake pad tidak mampu mencekram disc brake sehingga tidak terjadinya gaya pengereman. Setelah mengetahui permasalahan tersebut, maka dilakukan proses inspeksi dan troubleshhoting untuk menyelesaikan dan mengatasi permasalahan tersebut berdasarkan Technical Order ITKT1B-2-3JG-5. Dengan menganilis peneyebab kegagalan pada wheel brake menggunakan metode Fault Tree Analysis dengan gerbang logic OR didapatkan 16 basic event yang terdiri dari Gerigi cable brake broken, Pin lock broken, Spring helical broken, Fault operation up normal, Tank reservoir leakage, Reservoir foreign object debris, Reservoir foreign object debris, Hose leakage, Connector hose wear out, Hose dent, Fluid under capacity 2,5 L, Fluid dirt, Fluid viscosity, Lining brake overheating, Seal insolator leak, Master cylinder bellow pressure 1.000 psi. Master cylinder foreign object. Kata kunci : Brake System, KT-1B Woong Bee, Fault Tree Analysis.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : IRFAN WAHYU AJI
NIM : 21060002
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024