© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KAJIAN PERFORMA TAKEOFF PESAWAT AIRBUS A320-200 YANG DIPENGARUHI OLEH BERAT PESAWAT, ENGINE THRUST, BRAKING DAN KONDISI LINGKUNGAN
Penulis
GHAZY AHMAD QUBAISY SUHALI
Pembimbing : Indro Lukito, S.T., M.Eng - Cyrilus Sukaca Budiono. S.T., M.T

ABSTRAK :
Pesawat Airbus A320 melakukan penerbangan Di bandar udara wamena, dengan panjang runway yang dinayatakan adalah 2.275 meter. Namum dalam penelitian ini perlu memastikan panjang runway tersedia yang sebenernya dengan faktor lingkungan dan performa landasan, untuk pesawat Airbus A320-200 melakukan takeoff dengan mempertimbangkan rejected takeoff. Analisis koreksi panjang landasan dengan menggunakan metode ARFL. Serta melakukan perhitungan takeoff dan rejected takeoff pada variasi cuaca. Dari hasil analisis yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa panjang takeoff run available di bandar udara wamena dengan runway 33 pada suhu 18-25 ºC adalah 1.632,8 meter dan pada suhu 26-27 ºC adalah 1.568,8 meter. Sedangkan pada runway 15 panjang takeoff run available adalah 1.282,8 meter pada suhu 18-25 ºC dan 1.232,2 pada suhu 26-27 ºC. Pesawat Airbus A320-200 melakukan takeoff di bandar udara wamena menggunakan runway 33, saat pagi hari hanya mampu memebawa berat maksimal 76.000- 77.000 kg, dan pada saat siang hari hanya dapat membawa beban 74.000 kg. Sedangkan dengan menggunakan runway 15 pada pagi hari hanya mampu membawa beban maximum 67.000-68.000 kg dan pada siang hari adalah 66.000 kg. Kata kunci : Airbus A320-200, takeoff, rejected takeoff, ARFL, runway


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : GHAZY AHMAD QUBAISY SUHALI
NIM : 21060004
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024