ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR)
berbasis Android untuk pengenalan seragam TNI-AU menggunakan metode marker. Studi
kasus dilakukan di Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala dengan tujuan untuk
mempermudah dalam pengenalan seragam yang digunakan oleh TNI-AU. Aplikasi ini
dirancang untuk memberikan pengalaman interaktif bagi pengguna dengan memanfaatkan
teknologi AR yang memungkinkan visualisasi seragam TNI-AU dalam bentuk tiga dimensi.
Pengguna dapat memindai marker yang telah disediakan untuk menampilkan model 3D
seragam pada layar perangkat Android mereka. Metode penelitian yang digunakan Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) metodologi pengembangan multimedia terdiri dari enam
tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan
materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution (pendistribusian). Hasil
pengujian dilakukan pada empat tahap pengujian yaitu uji fungsionalitas, uji perangkat, uji
jarak, dan uji pengguna dimana pada uji pengguna dilakukan menggunakan uji coba aplikasi
dan kuisioner, untuk perhitungan dari hasil pengujian pengguna menggunakan Skala Guttman.
menunjukkan bahwa aplikasi AR ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dalam
memahami seragam TNI-AU. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan nilai tambah bagi
museum sebagai sarana edukasi yang modern dan interaktif. Dengan demikian, pengembangan
aplikasi AR ini diharapkan dapat menjadi referensi dan inspirasi untuk penerapan teknologi
serupa di berbagai bidang lainnya, serta mendukung upaya pelestarian sejarah dan budaya
Indonesia melalui inovasi teknologi.
|