PENGARUH WAKTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PENUMPANG PADA MASA PENERAPAN PM 178 TAHUN 2015 DAN
PM 41 TAHUN 2023 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL
YOGYAKARTA |
Penulis PUTERY KARTINI SYAMSUDDIN
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T. - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M.
|
ABSTRAK :
Penelitian ini berfokus pada pengaruh waktu pelayanan terhadap kepuasan
penumpang di Bandar Udara Internasional Yogyakarta pada dua masa penerapan regulasi
yakni, Peraturan Menteri 178 Tahun 2015 dan Peraturan Menteri 41 Tahun 2023. Latar
belakang penelitian menyoroti terkait penghapusan standar waktu pelayanan pada regulasi
penyedia jasa kebandarudaraan yang baru yakni, Peraturan Menteri 41 Tahun 2023 yang
disahkan pada 01 Agustus 2023. Dengan menggunakan metode penelitian survei berupa
kuesioner dan wawancara, penelitian ini bertujuan melihat bagaimana pengaruh waktu
pelayanan terhadap kepuasan penumpang dari kedua masa penerapan regulasi tersebut
dengan melakukan pengelolaan 175 data sampel penelitian menggunakan teknik uji korelasi,
koefisien determinasi, regresi linier sederhana, uji t dan uji independent sample t-test.
Selanjutnya dilakukan analisis hasil penelitian dengan memadukan hasil pengelolaan data
dan hasil wawancara penelitian ini. Analisis hasil penelitian menunjukan bahwa waktu
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang dan kepuasan penumpang terkait
waktu pelayanan mengalami peningkatan pada masa penerapan Peraturan Menteri 41 Tahun
2023. Hal tersebut disebabkan oleh pemberlakukan sistem bisnis berupa Service Level
Agreement dan Kontrak Kerja antara PT Angkasa Pura I KC Bandar Udara Internasional
Yogyakarta dengan pihak Airline dan Ground Handling
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: PUTERY KARTINI SYAMSUDDIN |
|
NIM |
: 20050056 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|