ABSTRAK :
Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi QR Code Sebagai Media Pembelajaran
Pengenalan Komponen Pesawat Terbang Cessna F-150L ( Di ITDA Yogyakarta).
Permasalahan penelitian pada bagaimana penggunaan QR Code sebagai media
pembelajaran dalam pengenalan komponen pesawat terbang Cessna F-150 L , bagaimana
hasil dan implementasi QR Code dalam pengenalan komponen pesawat terbang Cessna F150 L. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan Skala Guttman. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penggunaan QR Code sebagai media pembelajaran dalam pengenalan
komponen pesawat terbang Cessna F-150 L adalah sebagai berikut: (a) pengujian
fungsional, dilakukan untuk mengamati sebuah system berjalan dengan baik dan output QR
Code sesuai dengan yang diharapkan. (b) pengujian user, testing system yang dijalankan
oleh user menggunakan user device sendiri, (c) pengujian perangkat, dilakukan
menggunakan smartphone yang dimiliki oleh user sendiri dengan spesifikasi berbeda.
Bagaimana hasil dan implementasi QR Code dalam pengenalan komponen pesawat terbang
Cessna F-150 L yaitu dapat membantu dalam pembelajaran dan pengenalan komponen
pesawat terbang, karena saat dilakukan uji coba hasil pada masa percobaan semuanya
berhasil dalam melalui QR code (system berjalan dengan baik pada smartphone operasi
ios dan android).
Kata Kunci : Quick Response Code (QR Code), Media Pembelajaran, Pesawat Cessna F150L
|