ABSTRAK :
Pitch attitude merupakan salah satu parameter yang sangat penting dalam
penerbangan. Pitch attitude adalah sudut antara sumbu longitudinal pesawat dan
garis horizon. Pada saat penerbangan, perubahan pitch attitude sangatlah vital untuk
menjaga kestabilan dan keselamtan penerbangan. Selain itu, pitch attitude juga
sangat diperlukan untuk melakukan manuver dan operasi lainnya dalam
penerbangan. Penelitian ini menyajikan rancangan kendali pitch attitude pada
pesawat Boeing 747-400 yang diperlukan untuk mengatasi karakteristik dinamik
longitudinal yang cukup lama waktunya dengan menggunakan pengendali fuzzy
logic tipe Sugeno. Dalam merancang sistem pitch attitude dimulai dengan
memproses data parameter gerak longitudinal, kemudian data tersebut digunakan
untuk mencari transfer function. Setelah transfer function didapatkan, maka akan
diubah menjadi state space. Setelah state space didapatkan, maka langkah
selanjutnya adalah merancang pengendali luenberger observer. Setelah luenberger
observer didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah merancang pengendali fuzzy
logic tipe Sugeno yang mana pengendali fuzzy logic ini difungsikan sebagai
pengganti dari pengendali luenberger observer. Hasil analisis pada penelitian ini
menunjukkan bahwa pada saat keadaan awal pengendali fuzzy logic 3 Gaussian
mencapai nilai overshoot 12,26% dimana nilai ini lebih rendah dibandingkan
dengan pengendali fuzzy logic 3 trimf dan dengan pengendali luenberger observer.
Kata Kunci: Pitch Attitude, State Space, Luenberger Observer, Fuzzy Logic
|