© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH JUMLAH CHEVRON PADA NOZZLE TERHADAP KEBISINGAN DENGAN LARGE EDDY SIMULATION
Penulis
RIYANDA HARVIZ NUGRAHA
Pembimbing : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T. - Sudaryanto, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Kebisingan yang terjadi pada nozzle disebabkan adanya fluktuasi kecepatan dan tekanan udara yang dihasilkan oleh turbulen aliran nozzle. Secara umum, semua kebisingan berasal dari fluktuasi tekanan dalam aliran yang tidak stabil. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan perbandingan sound pressure level (SPL) antara nozzle chevron dan nozzle tanpa chevron. Adapun pendekatan aliran turbulen dianalisis menggunakan pendekatan akustik menggunakan metode Ffowch William and Hawkings (FWH) dan metode Large Eddy Simulation. Hasil yang diperoleh dari simulasi ini berupa Sound Pressure Level, contour velocity, contour static pressure, dan contour dynamic pressure. Pada penelitian ini, membuktikan bahwa jumlah chevron pada nozzle sangat berpengaruh dalam mengurangi tingkat kebisingan yang disebabkan oleh adanya fluktuasi kecepatan dan tekanan udara pada aliran yang dihasilkan oleh nozzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebisingan terendah terjadi pada nozzle chevron variasi SMC003 sebesar 76,27 dB dan kebisingan tertinggi terjadi padanozzle chevron variasi SMC001 sebesar 105,95 dB. Data tersebut menunjukkan bahwa nozzle chevron variasi SMC003 dengan jumlah 8 chevron lebih efisien dalam menekan tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh mesin jet. Kata Kunci: Nozzle Chevron, Akustik, Ffowch William and Hawkings, Computational Fluid Dynamic, Large Eddy Simulation


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RIYANDA HARVIZ NUGRAHA
NIM : 19040032
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024