ABSTRAK :
Oil System pesawat KT-1B Woong Bee Engine PT6A-62 menggunakan sistem
Dry-Sump Lubrication. Oil Tank terletak pada Airframe yang ditempatkan satu
rangkaian dengan Engine dibagian belakang. Sistem ini mempunyai Special
Inverted Flight Oil System agar pelumasan pesawat tetap bekerja secara normal saat
pesawat terbang dengan posisi Inverted. Selain untuk pelumasan, Oil system juga
berperan dalam fungsi scavenging, pendinginan 2 bearing-bearing, splines, geargear saat mesin berputar, serta untuk merubah sudut propeler. Untuk mengetahui
permasalahan Low Pressure pada Oil System pesawat KT- 1B Woong Bee, perlu
dilakukan analisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) karena sering
digunakan untuk menganalisa kegagalan sistem, dalam menganalisa fault tree
menggunakan algoritma method for obtaining cut sets (MOCUS) untuk mencari
minimal cut set sehingga dapat diketahui penyebab permasalahan dari komponen
tersebut untuk menentukan solusi yang tepat terkait perbaikan dan pemeliharaan.
Dari hasil analisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dengan oil
system failure sebagai top event diperoleh, 15 intermediate event dengan
menggunakan gerbang logika AND dan OR serta 9 basic event yang menyebabkan
terjadinya kegagalan pada oil system failure antara lain seal getas, usia, oil filter
kotor, usia, oil volume yang berlebihan, usia oil pressure regulating valve kotor,
usia, oil pressure tranducer kotor.
Kata kunci: oil system, KT-1B Woong Bee¸Fault Tree Analysis, MOCUS.
|