© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA PENYEBAB LOW PRESSURE OIL SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) PADA ENGINE KT -1B
Penulis
SAMUEL YUDITYASYA CHRISTIO GIBORSON
Pembimbing : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T. - Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Oil System pesawat KT-1B Woong Bee Engine PT6A-62 menggunakan sistem Dry-Sump Lubrication. Oil Tank terletak pada Airframe yang ditempatkan satu rangkaian dengan Engine dibagian belakang. Sistem ini mempunyai Special Inverted Flight Oil System agar pelumasan pesawat tetap bekerja secara normal saat pesawat terbang dengan posisi Inverted. Selain untuk pelumasan, Oil system juga berperan dalam fungsi scavenging, pendinginan 2 bearing-bearing, splines, geargear saat mesin berputar, serta untuk merubah sudut propeler. Untuk mengetahui permasalahan Low Pressure pada Oil System pesawat KT- 1B Woong Bee, perlu dilakukan analisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) karena sering digunakan untuk menganalisa kegagalan sistem, dalam menganalisa fault tree menggunakan algoritma method for obtaining cut sets (MOCUS) untuk mencari minimal cut set sehingga dapat diketahui penyebab permasalahan dari komponen tersebut untuk menentukan solusi yang tepat terkait perbaikan dan pemeliharaan. Dari hasil analisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dengan oil system failure sebagai top event diperoleh, 15 intermediate event dengan menggunakan gerbang logika AND dan OR serta 9 basic event yang menyebabkan terjadinya kegagalan pada oil system failure antara lain seal getas, usia, oil filter kotor, usia, oil volume yang berlebihan, usia oil pressure regulating valve kotor, usia, oil pressure tranducer kotor. Kata kunci: oil system, KT-1B Woong Bee¸Fault Tree Analysis, MOCUS.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SAMUEL YUDITYASYA CHRISTIO GIBORSON
NIM : 17040027
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024