© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH DOUBLER TERHADAP KEKUATAN STRUKTUR PADA FUSELAGE SKIN DENGAN STATION NUMBER 727G -727H STRINGER 23R – 24R PESAWAT BOEING 737 – 900ER
Penulis
MUHAMMAD ALGHIFARI IBA
Pembimbing : Buyung Junaidin, S.T., M.T. - Dwi Hartini S. T., M. T.

ABSTRAK :
Struktur repair merupakan kegiatan perawatan pesawat menangani struktur dari suatu pesawat terbang, sehingga perlu adanya tindakan perbaikan. Perbaikan struktur adalah suatu hal yang sering ditangani dalam industri perawatan pesawat terbang. Untuk Repair struktur pesawat sudah tercantum dalam SRM (Structural Repair Manual) yang dikeluarkan oleh manufacture namun nilai kekuatan struktur untuk menahan beban tidak dijelaskan dalam dokumen SRM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai Margin of Safety terhadap fuselage skin repair doubler pesawat Boeing 737-900ER. Pemodelan yang dilakukan menggunakan software SOLIDWORKS dan ANSYS yang berbasis input material property, meshing dan struktur analisis. Sesudah melakukan analisis menggunakan software ANSYS, software akan menampilkan hasil dari tegangan ketika diberikan pembebanan tension, sehingga dari tegangan maksimum yang didapatkan dapat digunakan untuk menentukan nilai Margin of Safety. Nilai margin of safty tertinggi pada model tanpa damage terjadi pada ketinggian 6000 feet sebesar 22,86, nilai margin of safty tertinggi pada model saat damage terjadi pada ketinggian 6000 feet sebesar 16,15 dan nilai Margin of Safety tertinggi p


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD ALGHIFARI IBA
NIM : 18050036
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024