ABSTRAK :
Struktur repair merupakan kegiatan perawatan pesawat menangani
struktur dari suatu pesawat terbang, sehingga perlu adanya tindakan
perbaikan. Perbaikan struktur adalah suatu hal yang sering ditangani dalam
industri perawatan pesawat terbang. Untuk Repair struktur pesawat sudah
tercantum dalam SRM (Structural Repair Manual) yang dikeluarkan oleh
manufacture namun nilai kekuatan struktur untuk menahan beban tidak
dijelaskan dalam dokumen SRM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui nilai Margin of Safety terhadap fuselage skin repair doubler
pesawat Boeing 737-900ER. Pemodelan yang dilakukan menggunakan
software SOLIDWORKS dan ANSYS yang berbasis input material property,
meshing dan struktur analisis. Sesudah melakukan analisis menggunakan
software ANSYS, software akan menampilkan hasil dari tegangan ketika
diberikan pembebanan tension, sehingga dari tegangan maksimum yang
didapatkan dapat digunakan untuk menentukan nilai Margin of Safety. Nilai
margin of safty tertinggi pada model tanpa damage terjadi pada ketinggian
6000 feet sebesar 22,86, nilai margin of safty tertinggi pada model saat
damage terjadi pada ketinggian 6000 feet sebesar 16,15 dan nilai Margin of
Safety tertinggi p
|