PENGARUH PERENDAMAN AIR LAUT TERHADAP SIFAT TEKAN
KOMPOSIT SERAT CARBON DENGAN RESIN VINYL ESTER
UNTUK APLIKASI DALAM PENGEMBANGAN FLOAT
PESAWAT N219 AMFIBI |
Penulis IRWANSYAIKH ALLAM AKBAR
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T - Dwi Hartini S. T., M. T.
|
ABSTRAK :
Pesawat Amfibi N219 merupakan pesawat yang dirancang untuk dapat beroperasi
di dua kondisi sekaligus yaitu di darat maupun di air dengan adanya tambahan
bantuan Float. Float merupakan komponen tambahan yang berguna untuk
memberikan daya apung yang berguna pada pesawat amfibi. Di penelitian ini Float
tersusun dari komposit serat carbon twill dan Resin Vinyl ester dengan
menggunakan 2 (dua) variasi yaitu yang direndam dan tidak direndam air laut.
Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil berat pada
komposit serat carbon yang direndam dan tidak direndam air laut serta mengetahui
hasil pengujian kekuatan tekan pada komposit serat carbon yang direndam dan
tidak direndam air laut. Penelitian ini menggunakan metode Vaccum Assisted Rein
Infusion (VARI) dengan berpedoman terhadap American Society Testing and
Material (ASTM) D5229 dan American Society Testing and Material (ASTM)
D6641. Sehingga dalam penelitian ini didapatkan bahwa hasil rata-rata dari berat
komposit 1-5 yang tidak direndam berurutan adalah 14,888 gram, sedangkan hasil
rata-rata dari berat komposit 1-5 yang direndam berurutan adalah 14,85 gram. Serta
untuk hasil pengujian kekuatan tekan didapatkan bahwa yang memiliki hasil
kekuatan yang lebih tinggi dalam menahan tekanan adalah specimen yang tidak
direndam air laut.
Kata Kunci: VARI, ASTM D5229, ASTM D6641, Carbon Twill, Vinyl Ester
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: IRWANSYAIKH ALLAM AKBAR |
|
NIM |
: 19050088 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|