PEMERINGKATAN TINGKAT KEKRITISAN SISTEM DAN
PENILAIAN TINGKAT RESIKO KEGAGALAN PADA
HELIKOPTER EC 155 B1 EUROCOPTER |
Penulis SHANIA INTAN LEANNY
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati S. T., M. M. - Elisabeth Anna Prattiwi, S.T., M.Sc,
|
ABSTRAK :
Kegiatan perawatan pada pesawat udara dilakukan untuk menjaga keandalan
komponen pesawat serta menjaga kondisi pesawat udara agar tetap laik terbang.
Apabila komponen pesawat udara mengalami kegagalan maka dapat
mengakibatkan penurunan performance pada keseluruhan sistem tersebut. Maka
dari itu solusi yang tepat adalah dengan menerapkan program reliability.
Berdasarkan data defect report helikopter EC 155 B1 Eurocopter, dilakukan
penerapan program reliability dari tahun 2011-2023 dan ditemukan bahwasanya
ada beberapa komponen yang mengalami kegagalan pada ATA Chapter 32
(Landing Gear). Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode Effect
Analysis (FMEA). Hasil dari penelitian ini adalah program reliability yang
diterapkan dengan faktor defiasi bernilai 3.2 dalam perhitungan dengan interval
12 bulan. Berdasarkan dari data defect report didapatkan 5 modus kegagalan
terkait ATA Chapter 32 (Landing Gear). Dari hasil analisa dengan metode FMEA
dari 5 jenis permasalahan terkait ATA Chapter 32 (Landing Gear) didapatkan
permasalahan pada Brake Accumulator memiliki nilai RPN paling tertinggi yaitu
sebesar 36 dimana menjadi mode kegagalan dengan tingkat kegagalan yang
rendah.
Kata Kunci : Helikopter EC 155 B1 Eurocopter, ATA Chapter 32 (Landing
Gear), (FMEA).
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: SHANIA INTAN LEANNY |
|
NIM |
: 19050018 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|