© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PEMERINGKATAN TINGKAT KEKRITISAN SISTEM DAN PENILAIAN TINGKAT RESIKO KEGAGALAN PADA HELIKOPTER EC 155 B1 EUROCOPTER
Penulis
SHANIA INTAN LEANNY
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati S. T., M. M. - Elisabeth Anna Prattiwi, S.T., M.Sc,

ABSTRAK :
Kegiatan perawatan pada pesawat udara dilakukan untuk menjaga keandalan komponen pesawat serta menjaga kondisi pesawat udara agar tetap laik terbang. Apabila komponen pesawat udara mengalami kegagalan maka dapat mengakibatkan penurunan performance pada keseluruhan sistem tersebut. Maka dari itu solusi yang tepat adalah dengan menerapkan program reliability. Berdasarkan data defect report helikopter EC 155 B1 Eurocopter, dilakukan penerapan program reliability dari tahun 2011-2023 dan ditemukan bahwasanya ada beberapa komponen yang mengalami kegagalan pada ATA Chapter 32 (Landing Gear). Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Hasil dari penelitian ini adalah program reliability yang diterapkan dengan faktor defiasi bernilai 3.2 dalam perhitungan dengan interval 12 bulan. Berdasarkan dari data defect report didapatkan 5 modus kegagalan terkait ATA Chapter 32 (Landing Gear). Dari hasil analisa dengan metode FMEA dari 5 jenis permasalahan terkait ATA Chapter 32 (Landing Gear) didapatkan permasalahan pada Brake Accumulator memiliki nilai RPN paling tertinggi yaitu sebesar 36 dimana menjadi mode kegagalan dengan tingkat kegagalan yang rendah. Kata Kunci : Helikopter EC 155 B1 Eurocopter, ATA Chapter 32 (Landing Gear), (FMEA).


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SHANIA INTAN LEANNY
NIM : 19050018
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024