ABSTRAK :
Boeing 737-800 berperan penting dalam penerbangan komersial global.
Garuda Indonesia menekankan keselamatan dan efisiensi operasional dengan fokus
pada manajemen berat dan keseimbangan sebagai strategi utama untuk menjaga
standar tinggi.
Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh jumlah penumpang
terhadap Zero Fuel Weight (ZFW), Allowed Traffic Load (ATL), dan Takeoff
Weight (TOW) dan Center of Gravity (CG). Data diambil dari pesawat GA0207
acreg PKGEO dan GA0211 acreg PKGEQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penambahan jumlah penumpang pada pesawat GA0207 (PKGEO) dan GA0211
(PKGEQ) menyebabkan kenaikan Zero Fuel Weight (ZFW), Allowed Traffic Load
(ATL), dan Takeoff Weight (TOW). GA0211 memiliki ZFW 56281 Kg, ATL 14801
Kg, dan TOW 63677 Kg, sedangkan GA0207 memiliki ZFW 49921 Kg, ATL 8441
Kg, dan TOW 56208 Kg. Meski memengaruhi performa lepas landas dan mendarat,
nilai masih dalam batas Maximum Boeing 737-800 dan perbedaan nilai Center of
Gravity (CG) akibat perubahan jumlah penumpang. GA0207 memiliki CG
15,017% MAC, sedangkan GA0211 memiliki CG 23,244% MAC. Kenaikan PW
dan TBW berdampak pada peningkatan CG.
Kata Kunci : Boeing 737-800, PW, TBW, ZFW, ATL, TWO, CG
|