PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PADA TERMINAL
KARGO DOMESTIK DI PT. ANGKASA PURA LOGISTIK
CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL
YOGYAKARTA KULON PROGO
|
Penulis FEMIRA JUMARFIANY SILA
Pembimbing : Marni Astuti, S.T., M.T - Riani Nurdin, S.T., M.Sc
|
ABSTRAK :
Pertumbuhan kargo udara di Indonesia berkembang seiring dengan
perkembangan penerbangan domestik. Persaingan bisnis yang ketat mendorong
pertumbuhan kargo dengan waktu pengiriman yang lebih cepat dan tepat. Bandar
Udara Internasional Yogyakarta menjadi penghubung bagi bandara domestik dan
perintis di Yogyakarta. Angkutan udara dan penumpang di Bandar Udara
Internasional Yogyakarta terus meningkat, menunjukkan prospek angkutan udara
yang baik. Oleh karena itu, kualitas pelayanan dan kinerja yang memadai sangat
diperlukan. Peneltian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada
masyarakat umum dan agen kemudian dilakukan perhitungan menggunakan
metode IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui nilai tingakt
kepuasan dan kepentingan yang kemudian akan di plotting ke Diagram Kartesius
dan CSI (Coustomer Satisfaction Index) untuk mengetahui tingkat kepuasan
pengguna secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan dari perhitungan
menggunakan IPA diketahui, bahwa responden dari masyarakat umum memiliki
rata-rata tingkat kesesuaian atribut sebesar 93.51% dan 75.72% untuk agen dan nilai
tingkat kesesuaian dari masing-masing pengguna tersebut masuk dalam kriteria
sangat sesuai untuk masyarakat umum dan sesuai untuk agen. Hasil perhitungan
menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) terhadap pengolahan data yang
telah dilakukan oleh pihak terminal kargo incoming terhadap masyarakat umum
adalah sebesar 80.05% dan terhadap Agen sebesar 86,45% dan nilai indeks dari
masing-masing pengguna tersebut masuk dalam kriteria Puas untuk masyarakat
umum dan Sangat Puas untuk Agen.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: FEMIRA JUMARFIANY SILA |
|
NIM |
: 19020004 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|