ABSTRAK :
Structure repair merupakan kegiatan perawatan pesawat khusus
menangani struktur dari suatu pesawat terbang yang terkena kerusakan atau
damage, sehingga perlu adanya tindakan atau perlakuan terhadap kerusakan atau
damage tersebut sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kasus yang terjadi
pada engine inlet cowl yaitu erosi yang terdapat pada engine inlet cowl yang
disebabkan oleh foreign object damage (FOD) seperti batu yang bergesekan
dengan lip surface engine inlet cowl. Adapun pengaruh dari Engine inlet cowl yang
mengalami erosi dapat mengubah aliran aerodinamik yang menuju ke engine
blade. Untuk itu diperlukan Simulasi Kekuatan Struktur Permanent Repair Rough
Intake Lip Surface pada Engine Inlet Cowl Pesawat Airbus 320. Pemodelan dan
analisis dilakukan dengan menggunakan software CAD dan ANSYS berbasis
metode elemen hingga. Setelah dilakukan analisis dengan software CAD dan
ANSYS maka pemodelan engine inlet cowl lip surface menggunakan dimensi dan
ukuran berdasarkan Struktur Repair Manual dan nilai von misses stress pada
pemodelan engine inlet cowl lip surface saat damage dan setelah repair dinyatakan
aman. Adapun nilai tegangan saat damage dengan beban landing normal sebesar
2,676 Mpa dan nilai tegangan setelah repair sebesar 2,5063 Mpa. Adapun nilai
tegangan saat damage dengan hard landing sebesar 1,2045 Mpa dan nilai
tegangan setelah repair sebesar 1,0887 Mpa dan Nilai margin of safety tertinggi
pada part filler, hal ini dikarenakan filler menghasilkan tegangan maximum
terendah dibanding part yang lain. Adapun margin of safety terendah terdapat
pada struktur saat damage hal ini dikarenakan struktur saat damage memiliki
tegangan maximum sangat tinggi. Nilai MS dari struktur engine setelah direpair
lebih dari > 0
Kata Kunci: engine inlet cowl lip surface, Von misses Stress, Margin of Safety
|