© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KAJIAN PENGARUH KONFIGURASI PROPULSI TERHADAP AERODINAMIKA PADA TARGET DRONE BLITZER A23
Penulis
M ARIZIA FIRDAUS
Pembimbing : Buyung Junaidin S.T.,M.T. - Bangga Dirgantara Adiputra., S.T., M.T.

ABSTRAK :
Perkembangan teknologi pada bidang kedirgantaraan saat ini sangatlah pesat. Engine merupakan salah satu bagian penting dalam mengoperasikan pesawat terbang, penggunaan penempatan posisi dari sebuah engine dapat mempengaruhi performa aerodinamika dari pesawat tersebut. Penggunaan Target Drone dengan mesin Electric Duct Fan (EDF) digunakan untuk keperluan alat bantu dalam latihan tembak militer, maka dibutuhkan suatu analisis terhadap pemilihan posisi engine pada Target Drone Blitzer A23 untuk mendapatkan nilai L/D yang baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian konfigurasi propulsi terhadap aerodinamika dan efektifitas bidang kendali pada Target Drone Blitzer A23. Metode yang digunakan adalah Metode Numerik/CFD (Computational Fluid Dynamic). Pada pengujian model 3 dimensi Target Drone yang telah di rancang, dilakukan pada kondisi cruising. Selain itu, pada pengujian juga dilakukan variasi konfigurasi posisi engine yaitu pada Fuselage, Wing, dan dalam Fuselage, dapat dilihat bahwa pengaruh konfigurasi posisi engine terhadap aerodinamika dan efektifitas bidang kendali yang memiliki nilai yang paling baik adalah pada posisi engine di dalam fuselage. Dari analisis aerodinamis yang telah dilakukan memperoleh karakteristik aerodinamika Target Drone BLITZER A23 yaitu konfigurasi penempatan posisi engine pada fuselage didapatkan nilai lift sebesar 878,914 N dan nilai drag sebesar 103,518 N. Kemudian untuk konfigurasi penempatan posisi engine pada wing didapatkan nilai lift sebesar 999,267 N dan nilai drag sebesar 97,463 N. Selanjutnya untuk konfigurasi penempatan posisi engine di dalam fuselage didapatkan nilai lift sebesar 1539,48 N dan nilai drag sebesar 111,114 N. Dari ketiga hasil analisis tersebut, maka konfigurasi propulsi yang digunakan adalah konfigurasi posisi engine di dalam fuselage dikarenakan memiliki nilai L/D yang paling baik


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : M ARIZIA FIRDAUS
NIM : 19050074
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024