© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN HOT SECTION AREA PADA PESAWAT KT-1B WONG BEE
Penulis
SAID SAIFUDDIN FIRDAUS
Pembimbing : Kris Hariyanto, S.T.,M.T. - Istyawan Priyahapsara, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
Perkembangan zaman menghadirkan moda transportasi udara yang merupakan pesawat terbang. Tidak berbeda dengan moda transportasi lain yang bergerak dengan menggunakan mesin dari bahan bakar fosil. Mesin dari pesawat merupakan salah satu komponen terpenting. Mesin dari pesawat itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu cold section dan hot section. Hot section ini merupakan area terjadinya pembakaran, dimana komponen yang berada pada hot section ini selalu terpapar oleh suhu yang tinggi. Kegagalan sering terjadi akibat paparan suhu yang tinggi pada komponen hot section itu sendiri. Akibat dari kegagalan komponen diperlukan penggantian bahkan sebelum mencapai batas usia yaitu 1500 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegagalan yang sering terjadi, penyebab kegagalan, dan probabilitas terjadinya kegagalan pada hot section pada pesawat KT-1B Wong Bee dengan menggunakan metode FTA (Fault Tree Analysis). Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi kegagalan dan menentukan kondisi batas dari hot section, melakukan penggambaran model fault tree, dan melakukan analisis kuantitatif fault tree. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui kegagalan yang sering terjadi pada hot section pesawat KT-1B Wong Bee adalah terjadinya crack pada CT Stator, pada analisis kuantitatif didapatkan 8 penyebab terjadinya kegagalan pada hot section , dan berdasarkan analisis kuantitatif didapatkan probabilitas kegagalan hot section sebesar 51 persen. Kata kunci: Hot section, Pesawat KT-1B Wong Bee, kegagalan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SAID SAIFUDDIN FIRDAUS
NIM : 18050109
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024