© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KARAKTERISTIK AERODINAMIKA PADA AIRFOIL NACA 4415 DENGAN VARIASI SUDUT SERANG
Penulis
RAHUL SAHLAN MATAIYA
Pembimbing : Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng - Dedet Hermawan S., S.T., M.T.

ABSTRAK :
Transportasi udara sekarang ini mengalami perkembangan pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya maskapai penerbangan yang melayani jasa penerbangan ke berbagai rute baik dosmetik maupun internaasional. Airfoil adalah sebuah bentuk geometri yang apabila ditempatkan pada suatu aliran fluida akan menghasilkan gaya angkat (lift) lebih besar dari gaya hambat (drag). Pengujian pada penelitian ini dilakukan secara komputasi berbasis Computational fluid dynamics dengan menggunkan software ANSYS fluent. Simulasi dilakukan pada airfoil NACA 4415 dengan parameter sudut serang 0°, 2°, 4°, 6°, 8°, 10°, 12°, 14°, 16°, dan 18° dengan ketinggian unbound. Pada penelitian ini, diperoleh nilai lift coefficient tertinggi oleh sudut serang 14° dengan nilai CL sebesar 1,7404 pada sudut serang tersebut yang merupakan sudut serang maksimum untuk airfoil. Sehingga pada sudut serang 18° dengan nilai CD sebesar 0,22508 tersebut menghasilkan nilai drag coefficient (CD) yang tertinggi. Nilai maksimal CL/CD terdapat pada sudut serang (AoA) 6° pada ketinggian unbound dengan nilai CL/CD 64,56114122. Dengan demikian, semakin besar jarak antara airfoil dengan ground, maka semakin kecil nilai CL/CD yang dihasilkan. Kata kunci: Computational Fluid Dynamic, angle of attack, NACA 4415, lift coefficient, drag coefficient


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RAHUL SAHLAN MATAIYA
NIM : 18040027
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024