| ANALISIS DAN PENANGANAN KERUSAKAN AUXILIARY 
POWER UNIT B737-300 KONDISI AUTOSHUTDOWN | 
	
	
		Penulis   MILLENIO PRASTA SANTOSA   
		Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc - Indro Lukito, S.T., M.Eng 
  | 
	
	
			 ABSTRAK :    
		Hampir semua pesawat komersil menggunakan Auxiliary Power Unit (APU) 
untuk sumber energi operasional penerbangan. APU menghasilkan energi berupa 
pneumatic dan electric yang bisa digunakan untuk komponen dan system pada 
pesawat. Kinerja pesawat akan terganggu apabila APU tidak bisa mencapai kecepatan 
100% dengan tepat waktu (line up slowly). Apabila suhu pada oli meningkat secara 
tidak wajar APU juga akan terganggu dan akan mengarah pada autoshutdown. Maka
pesawat akan mengalami kesulitaan dalam memperoleh sumber energi pneumatic dan 
electrical.
Dilakukan perbaikan pada pesawat A dan pesawat B untuk penggantian 
komponen yang sudah unserviceable dengan komponen yang baru atau serviceable, 
Setelah melakukan proses troubleshooting berupa pengumpulan data dan setelah itu 
melakukan visual check dapat diketahui hasil dari komponen tersebut. Kegiatan ini 
menggunakan arahan dari AMM pesawat Boeing 737-300 chapter 49. 
Ketika sudah melakukan penggantian komponen maka dapat dilakukan 
pengetesan akhir untuk memastikan bahwa APU sudah kembali normal. Hasil yang 
didapatkan dari pengetesan akhir yaitu APU dari kedua pesawat terkait didapatkan 
info, yaitu APU sudah normal dengan indikasi suhu oli yang sudah normal yaitu 130 
oC dan kecepatan engine yang sudah dapat mencapai kecepatan 100% sesuai dengan 
waktu starting yaitu 90 detik. Hasil dari troubleshooting ini yaitu kedua pesawat 
kembali normal atau serviceable. 
Kata kunci: Auxiliary Power Unit (APU), troubleshooting, Proportional Control 
Valve, cooling fan
  | 
		
	
		
   
		Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  | 
	
	
	
		 | 
		Penulis | 
		: MILLENIO PRASTA SANTOSA | 
	
	
		 | 
		NIM | 
		: 18060039 | 
	
	
		 | 
		Foto | 
		:   | 
	
	
		 | 
		File | 
		: [ Baca file skripsi ]
  |