© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS DAN PENANGANAN KERUSAKAN AUXILIARY POWER UNIT B737-300 KONDISI AUTOSHUTDOWN
Penulis
MILLENIO PRASTA SANTOSA
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc - Indro Lukito, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Hampir semua pesawat komersil menggunakan Auxiliary Power Unit (APU) untuk sumber energi operasional penerbangan. APU menghasilkan energi berupa pneumatic dan electric yang bisa digunakan untuk komponen dan system pada pesawat. Kinerja pesawat akan terganggu apabila APU tidak bisa mencapai kecepatan 100% dengan tepat waktu (line up slowly). Apabila suhu pada oli meningkat secara tidak wajar APU juga akan terganggu dan akan mengarah pada autoshutdown. Maka pesawat akan mengalami kesulitaan dalam memperoleh sumber energi pneumatic dan electrical. Dilakukan perbaikan pada pesawat A dan pesawat B untuk penggantian komponen yang sudah unserviceable dengan komponen yang baru atau serviceable, Setelah melakukan proses troubleshooting berupa pengumpulan data dan setelah itu melakukan visual check dapat diketahui hasil dari komponen tersebut. Kegiatan ini menggunakan arahan dari AMM pesawat Boeing 737-300 chapter 49. Ketika sudah melakukan penggantian komponen maka dapat dilakukan pengetesan akhir untuk memastikan bahwa APU sudah kembali normal. Hasil yang didapatkan dari pengetesan akhir yaitu APU dari kedua pesawat terkait didapatkan info, yaitu APU sudah normal dengan indikasi suhu oli yang sudah normal yaitu 130 oC dan kecepatan engine yang sudah dapat mencapai kecepatan 100% sesuai dengan waktu starting yaitu 90 detik. Hasil dari troubleshooting ini yaitu kedua pesawat kembali normal atau serviceable. Kata kunci: Auxiliary Power Unit (APU), troubleshooting, Proportional Control Valve, cooling fan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MILLENIO PRASTA SANTOSA
NIM : 18060039
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024