ANALISIS DAN PENANGANAN KERUSAKAN AUXILIARY
POWER UNIT B737-300 KONDISI AUTOSHUTDOWN |
Penulis MILLENIO PRASTA SANTOSA
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc - Indro Lukito, S.T., M.Eng
|
ABSTRAK :
Hampir semua pesawat komersil menggunakan Auxiliary Power Unit (APU)
untuk sumber energi operasional penerbangan. APU menghasilkan energi berupa
pneumatic dan electric yang bisa digunakan untuk komponen dan system pada
pesawat. Kinerja pesawat akan terganggu apabila APU tidak bisa mencapai kecepatan
100% dengan tepat waktu (line up slowly). Apabila suhu pada oli meningkat secara
tidak wajar APU juga akan terganggu dan akan mengarah pada autoshutdown. Maka
pesawat akan mengalami kesulitaan dalam memperoleh sumber energi pneumatic dan
electrical.
Dilakukan perbaikan pada pesawat A dan pesawat B untuk penggantian
komponen yang sudah unserviceable dengan komponen yang baru atau serviceable,
Setelah melakukan proses troubleshooting berupa pengumpulan data dan setelah itu
melakukan visual check dapat diketahui hasil dari komponen tersebut. Kegiatan ini
menggunakan arahan dari AMM pesawat Boeing 737-300 chapter 49.
Ketika sudah melakukan penggantian komponen maka dapat dilakukan
pengetesan akhir untuk memastikan bahwa APU sudah kembali normal. Hasil yang
didapatkan dari pengetesan akhir yaitu APU dari kedua pesawat terkait didapatkan
info, yaitu APU sudah normal dengan indikasi suhu oli yang sudah normal yaitu 130
oC dan kecepatan engine yang sudah dapat mencapai kecepatan 100% sesuai dengan
waktu starting yaitu 90 detik. Hasil dari troubleshooting ini yaitu kedua pesawat
kembali normal atau serviceable.
Kata kunci: Auxiliary Power Unit (APU), troubleshooting, Proportional Control
Valve, cooling fan
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MILLENIO PRASTA SANTOSA |
|
NIM |
: 18060039 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|